Follow by Email

Kamis, 02 Juni 2011

TANDA PENGENAL SAKA BAHARI


Bahan, bentuk dan ukuran
Tanda Pengenal Saka Bahari dibuat dari kain, berbentuk segi lima beraturan dengan panjang sisi 5 Cm dan besar tiap sudutnya 180 drajat

B. Gambar dan Warna
1. Bidang segilima beraturan diberi bingkai dikelilingi tali berpilin selebar 3 cm berwarna kuning emas. panjang sisi tali inimasing -masing 4,5 cm dibagian luar bingkai tali ini diberi warna biru
2. Dasar bidang segi lima beraturan ini dibagi menjadi 2 bagian oleh sebuah garis lurus mendatar , sehingga ada bagian atas ada bagian bawah masing - masing setengah tinggi segi lima beraturan warna atas berwarna biru langit (biru muda), warna bawah berwarna biru tua (biru laut)
3. Ditengah bidang segi lima beraturan ini terdapat gambar :
o Sebuah jangkar berwarna kuning emas
o Rantai yang melilit jangkar berwarna putih
o Dua buah silhoute tunas kelapa berpasangan berwarna putih yang menutup sebagian jangkar dan rantai tersebut ditas
o Dibawah gambar jangkar terdapat gambar pita sebesar 0,75 cm berwarna kuning emas bertuliskan SAKA BAHARI berwarna Merah

C. Arti Gambar
1. Bentuk segi lima beraturan melambangkan falsafah bangsa Indonesia yaitu pancasila
2. Tali melingkar melambangkan persatuan dan persaudaraan yang erat
3. Jangkar dan Rantai melambangkan kegiatan kebaharian
4. Tunas kelapa berpasangan melambangkan pramuka putera dan puteri yang masih murni, disamping mempunyai makna seperti lambang pramuka seperti umumnya.
5. Pita yang melambai bertuliskan SAKA BAHRI melambangkan kejayaan saka Bahari

D. ARTI WARNA
1. Warna Dasar Biru Muda dan biru tua melambangkan lagit dan laut yang menggambarkan potensi bahari yang luas dan penuh harapan
2. Kuning emas menggambarkan keagungan dan kejayan
3. Putih menggambarkan kesiagaan dan kemurnian
4. Merah menggambarkan keberanian
5. Hitam menggambarkan kedalaman laut , ilmu dan keabadian

E. ARTI LAMBANG
Dengan menghayati dan mengamalkan pancasila dalam kehidupannya semua anggota SAKA BAHARI Putera dan Puteri yang masih murni menyadari akn tanggung jawabnya , sebagai tunas harapan bangsa , berusaha meningkatkan ilmu, kecakapan dan kemampuannya memanfatkan melestarkan / mengabadikan potensi bahari serta membina jiwa kebaharian warisan nenek moyang bangsa indonesia amenjadikan laut sebagai alat pembinaan rasa persatuan dan kesatuan bangsa membina keberanian untuk menghadapi segala tantangan demi abadinya kejayaan, keagungan dan kemerdekaan bangsa dan negara indonesia.

F. PEMAKAIAN
1. Pemakaian tanda Saka Bahari pada seragam Pramuka adalah ditengah tengah baju sebelah kiri.
2. Tanda Saka Bahari dipakai pada seragam pramuka pada saat yang bersangkutan melakukan tugas atau kegiatan Saka Bahri.Diposkan oleh FDJ. Kurniaw

Luruskan Arah Qiblat Demi Kesempurnaan Ibadah kita






Surya Radenanto

JAKARTA (voa-islam.com) – Sabtu, tanggal 28 Mei 2011 pukul 16:18 WIB insya Allah akan ada peristiwa “Istiwa A'dhom” (Matahari di atas Ka’bah), yang sangat bermanfaat untuk menentukan maupun mencocokkan arah Kiblat yang akurat dengan cara sederhana. Manfaatkan momen penting tahunan tersebut untuk menera ulang (meluruskan) arah Qiblat yang benar, demi kesempurnaan ibadah.

Dalam ilmu falaq (astronomi), peristiwa itu dikenal dengan ‘yaumu rashdil qiblah’ (Qiblat Day, hari untuk mencocokkan arah Kiblat), karena matahari tepat berada di atas Ka’bah. Ka’bah yang berada pada koordinat 21,4° LU dan 39,8° BT, dalam setahun akan mengalami 2 kali peristiwa Istiwa A’dhom (Matahari di atas Ka’bah) Berdasarkan data falaqiyah Kementerian Agama (Kemenag), Majelis Ulama Indonesia (MUI), PP Muhammadiyah dan PB Nadhlatul Ulama, yaumu rashdil-qiblah tahun 2011 ini terjadi dua kali, yaitu Sabtu 28 Mei 2011 pukul 16:18 WIB dan Sabtu 16 Juli 2011 pukul 16:27 WIB.

Sabtu 28 Mei 2011 matahari akan tepat berada di atas Ka’bah pada pukul 12:27 waktu Saudi, bertepatan dengan pukul 16:18 WIB atau 17.18 WITA di Indonesia. Ketika matahari istiwa (berada) di atas Ka’bah, maka secara otomatis bayang-bayang objek tegak di seluruh dunia akan lurus ke arah Kiblat. Karena kedudukan matahari di atas Ka’bah yang menyebabkan bayangan tegak di seluruh dunia searah Kiblat.

Maka Sabtu pukul 16:18 WIB, di daerah mana pun yang mampu menerima sinar matahari pada jam itu, umat Islam bisa menera arah Kiblat dengan sederhana namun terjamin akurasinya. Arah lawan bayangan itulah arah Kiblat berada, karena jam itu posisi matahari tepat berada di atas Ka’bah.

Selanjutnya .... Buka link ini :
http://m.voa-islam.com/news/indonesiana/2011/05/27/14948/luruskan-arah-qiblat-besok-sabtu-pukul-16.18-wibdemi-kesempurnaan-ibadah/


Hari Meluruskan Arah Kiblat, Saat tepat meluruskan kiblat dan hati kita.
Beberapa hari lalu saya menghadiri Sholat Jumat di Masjid Darunnajah, Komplek Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN) Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Setelah Jumatan, saya membaca-baca pengumuman di Mading Informasi Masjid. Ada sebuah pengumuman menarik yg berasal dari sebuah Klinik Bekam/Pengobatan Islami "Al Hijamah" dan baru pertama kali ini saya ketahui, yaitu Hari Melurusan Arah Kiblat.
Karena pengumuman itu bukan berasal dari Takmir Masjid, diketik dikertas ukuran kecil, tidak disertai dengan penjelasan yang rinci, maka saya pun meragukan keabsahannya. Jangan2 hanya sebagai sarana promosi terselubung dari Klinik Bekam tsb. Akhirnya saya putuskan untuk mengecek di internet, dengan memasukkan keyword "Hari Melurusan Arah Kiblat" di search engine Goggle.
Ternyata istilah tersebut memang ada. Bahkan sejumlah situs juga telah menyediakan informasi lengkap. Guna membantu menyebarluaskan informasi penting tsb ke seluruh umat Islam, pada kesempatan ini saya postingkan penjelasan tentang hal tsb. Semoga bermanfaat dan menjadi amal sholih bagi saya... Allahumma Amin...



Apakah arah kiblat bisa berubah? Tentu Tidak! Artinya pengukuran sebelumnya yang memang tidak tepat.

Dasar ayat-ayat Al Qur'an dan Hadist untuk meluruskan Arah Kiblat yaitu:
"Dan dari mana saja engkau keluar (untuk mengerjakan shalat), maka hadapkanlah mukamu ke arah Masjidil Haram (Ka'bah), dan sesungguhnya perintah berkiblat ke Ka'bah itu adalah benar dari Tuhanmu. Dan (ingatlah), Allah tidak sekali-kali lalai akan segala apa yang kamu lakukan." ( QS. Al-Baqarah : 149 ).
Dalam ayat yang lain adalah : QS. Al-Baqarah : 142-144
“Baitullah ( Ka'bah ) adalah kiblat bagi orang-orang di dalam Masjid Al-Haram dan Masjid Al-Haram adalah kiblat bagi orang-orang yang tinggal di Tanah Haram ( Makkah ) dan Makkah adalah qiblat bagi seluruh penduduk bumi, Timur dan Barat dari umatKu” ( Hadist Riwayat Al-Baihaqi )
Dalam ajaran Islam, mengadap ke arah kiblat ( Masjidil Haram / Ka'bah ) adalah suatu tuntutan syariah di dalam melaksanakan ibadah tertentu, ia wajib dilakukan ketika hendak mengerjakan shalat (Syarat syahnya sholat) dan menguburkan jenazah orang Islam, ia juga merupakan sunah ketika azan, berdoa, berzikir, membaca Al-Quran, menyembelih binatang, sujud syukur, serta menentukan arah yang berlawanan / menyelisihi kiblat untuk closet dalam WC/KM (Kamar Mandi) kita / pada saat kita akan melakukan BAB (Buang Air Besar) dan BAK (Buang Air Kecil), dan sebagainya.
Secara historis,arah kiblat umat Islam pertama kalinya adalah ke arah Masjidil Aqsa di Jerussalem Palestina. Selanjutnya dengan turunnya Al Qur'an Surat Al-Baqarah : 142-144, maka arah kiblat umat Islam dipindahkan ke arah Baitul Haram Mekah Al Mukarromah. Hal ini terjadi pada tahun kedua setelah Nabi Muhammad SAW beserta kaum muslim pada saat itu hijrah ke Madinah.
Berdasarkan tinjauan astronomis atau falak, terdapat beberapa teknik yang dapat digunakan untuk meluruskan arah kiblat antaranya menggunakan kompas, theodolit, rasi bintang serta fenomena transit utama matahari di atas kota MAkkah yang dikenal dengan istilah Istiwa A'zam (Istiwa Utama). Di kalangan pesantren di Indonesia istilah yang cukup dikenal adalah "zawal" atau "rashdul qiblat".
Istiwa adalah fenomena astronomis saat posisi matahari melintasi meridian langit. Dalam penentuan waktu shalat, istiwa digunakan sebagai pertanda masuknya waktu shalat Zuhur. Pada saat tertentu di sebuah daerah dapat terjadi peristiwa yang disebut Istiwa Utama atau 'Istiwa A'zam' yaitu saat posisi matahari berada tepat di titik Zenith (tepat di atas kepala) suatu lokasi. Namun peristiwa ini hanya terjadi di daerah antara 23,5˚ Lintang Utara dan 23,5˚ Lintang Selatan.
Istiwa Utama yang terjadi di kota Makkah dimanfaatkan oleh kaum Muslimin di negara-negara sekitar Arab khususnya yang berbeda waktu tidak lebih dari 5 (lima) jam untuk menentukan arah kiblat secara presisi menggunakan teknik bayangan matahari. Istiwa A'zam di Makkah terjadi dua kali dalam setahun yaitu pada tanggal 28 Mei sekitar pukul 12.18 Waktu Makkah dan 16 Juli sekitar pukul 12.27 Waktu Makkah pada tahun-tahun biasa. Sedangkan untuk tahun-tahun Kabisat, tanggal ini dapat maju 1 hari (27 Mei dan 15 Juli) seperti yang terjadi pada tahun 2008 ini.
Fenomena Istiwa Utama terjadi akibat gerakan semu matahari yang disebut gerak tahunan matahari (musim) sebab selama bumi beredar mengelilingi matahari sumbu bumi miring 66,5˚ terhadap bidang edarnya sehingga selama setahun terlihat di bumi matahari mengalami pergeseran 23,5˚ LU sampai 23,5˚ LS. Saat nilai azimuth matahari sama dengan nilai azimuth lintang geografis sebuah tempat maka di tempat tersebut terjadi Istiwa Utama yaitu melintasnya matahari melewati zenith lokasi setempat.

Terjadinya peristiwa ini setahun dua kali untuk tahun 2011
1. Sabtu 28 Mei 2011 pukul 16:18 WIB dan
2. Sabtu 16 Juli 2011 pukul 16:27 WIB.

MATAHARI TEPAT DI ZENITH KOTA MAKKAH
POSISI MATAHARI = ARAH KIBLAT
BAYANGAN MATAHARI = ARAH KIBLAT
Rentang waktu 2 - 5 menit sebelum maupun sesudah pukul 16:18 maupun pukul 16:27 masih ditolerir karena kesalahannya kurang dari 0,5 derajat.
(Berarti kita masih punya waktu 1 hari lagi utk bisa meluruskan arah kiblat kita pada tahun ini, yaitu pada Hari Selasa, 15 Juli 2008).


Saat matahari di atas Ka'bah semua bayangan matahari mengarah ke Ka'bah juga.

Teknik penentuan arah kiblat menggunakan Istiwa Utama sebenarnya sudah dipakai lama sejak ilmu falak berkembang di Timur Tengah. Demikian halnya di Indonesia dan beberapa negara Islam yang lain juga banyak menggunakan teknik ini. Sebab teknik ini memang tidak memerlukan perhitungan yang rumit dan siapapun dapat melakukannya. Yang diperlukan hanyalah sebatang tongkat lurus dengan panjang lebih kurang 1 meter dan diletakkan berdiri tegak di tempat yang datar dan mendapat sinar matahari. Pada tanggal dan jam saat terjadinya peristiwa Istiwa Utama tersebut maka arah bayangan tongkat menunjukkan kiblat.
Karena di negara kita peristiwanya terjadi pada sore hari maka arah bayangan tongkat adalah ke Timur, sedangkan arah bayangan sebaliknya yaitu yang ke arah Barat agak serong ke Utara merupakan arah kiblat yang benar. Cukup sederhana dan tidak memerlukan ketrampilan khusus serta perhitungan perhitungan rumus-rumus. Jika hari itu gagal karena matahari terhalang oleh mendung maka masih diberi roleransi penentuan dilakukan pada H+1 atau H+2.
Penentuan arah kiblat menggunakan teknik seperti ini memang hanya berlaku untuk daerah-daerah yang pada saat peristiwa Istiwa Utama dapat melihat secara langsung matahari dan untuk penentuan waktunya menggunakan konversi waktu terhadap Waktu Makkah. Sementara untuk daerah lain di mana saat itu matahari sudah terbenam misalnya wilayah Indonesia bagian Timur praktis tidak dapat menggunakan teknik ini. Sedangkan untuk sebagian wilayah Indonesia bagian Tengah barangkali masih dapat menggunakan teknik ini karena posisi matahari masih mungkin dapat terlihat. Namun demikian masih ada teknik lain yang juga menggunakan bayangan matahari untuk menentukan arah kiblat dari suatu tempat di seluruh permukaan bumi, misalnya teknik sudut azimuth, teknik lingkaran, teknik bayangan muka dan bayangan belakang dan penggunaan theodolit dengan bantuan posisi matahari. Salah satunya yang cukup popiler adalah teknik bayangan matahari (sundial) dengan data bayangan matahari.



Tempat yang memungkinkan penentuan arah kiblat di daerah terang saja.



Teknik Penentuan Arah Kiblat menggunakan Istiwa Utama :
Tentukan lokasi masjid/mushalla/langgar atau rumah yang akan diluruskan arah kiblatnya.
Sediakan tongkat lurus sepanjang 1 sampai 2 meter dan peralatan untuk memasangnya. Siapkan juga jam/arloji yang sudah dikalibrasi waktunya secara tepat dengan radio/televisi/internet.
Cari lokasi di samping Selatan atau di halaman masjid yang masih mendapatkan penyinaran matahari pada jam-jam tersebut serta memiliki permukaan tanah yang datar dan pasang tongkat secara tegak dengan bantuan pelurus berupa tali dan bandul. Persiapan jangan terlalu mendekati waktu terjadinya istiwa utama agar tidak terburu-buru.
Tunggu sampai saat istiwa utama terjadi amatilah bayangan matahari yang terjadi (toleransi +/- 2 menit)
Di Indonesia peristiwa Istiwa Utama terjadi pada sore hari sehingga arah bayangan menuju ke Timur. Sedangakan bayangan yang menuju ke arah Barat agak serong ke Utara merupakan arah kiblat yang tepat.
Gunakan tali, susunan tegel lantai, atau pantulan sinar matahari menggunakan cermin untuk meluruskan lokasi ini ke dalam masjid / rumah dengan menyejajarkannya terhadap arah bayangan.
Tidak hanya tongkat yang dapat digunakan untuk melihat bayangan. Menara, sisi selatan bangunan masjid, tiang listrik, tiang bendera atau benda-benda lain yang tegak. Atau dengan teknik lain misalnya bandul yang kita gantung menggunakan tali sepanjang beberapa meter maka bayangannya dapat kita gunakan untuk menentukan arah kiblat.

UNTUK ORIENTASI LAKUKAN UJI COBA PADA 1 ATAU 2 HARI SEBELUMNYA
Sebaiknya bukan hanya masjid atau mushalla / langgar saja yang perlu diluruskan arah kiblatnya. Mungkin kiblat di rumah kita sendiri selama ini juga saat kita shalat belum tepat menghadap ke arah yang benar. Sehingga saat peristiwa tersebut ada baiknya kita juga bisa melakukan pelurusan arah kiblat di rumah masing-masing. Dan juga melakukan penentuan arah kiblat tidak mutlak harus dilakukan pada tanggal tersebut bisa saja mundur atau maju 1-2 hari karena pergeserannya relatif sedikit yaitu sekitar 1/6 derajat setiap hari.
Sumber terkait:
http://rukyatulhilal.org/artikel/rashdul-qiblat-2008.html
http://mutoha.blogspot.com/2008/05/rashdul-qiblat-2008.html

BB basah kuyup:

Surya Radenanto



Pernahkah BB Anda tercebur/basah lantaran kehujanan? Tenang, kejadian naas itu bkn akhir segalanya.

Simak langkah2 utk menyelamatkan BB yg sudah basah kuyup:

1. Jangan Panik
Sepele memang, namun ini benar2 penting. Biasanya orang yg baru tersadar bahwa BB kesayangannya telah tercebur lantas panik. Akibatnya, ia malah tdk berbuat apa2 hanya meratapi keadaan.

Padahal jika tdk panik dan bisa mengendalikan emosi, ia dpt mengambil langkah yg bermanfaat. Segera keluarkan BB itu dari zona 'berbahaya' dan lakukan tindakan pertolongan pertama.

2. Keluarkan Baterai
Inilah tindakan pertama yg hrs dilakukan ketika BB tercebur/basah, keluarkan baterai. Langkah ini hrs diambil dgn cepat utk menyelamatkan sirkuit2 di perangkat tsb agar tdk rusak terkena air. Tak lupa, lepas juga segala aksesoris yg melekat pada BB(jika ada).

3. Keringkan
Lap dgn handuk, tisu. Jika tdk ada, menggunakan sapu tangan jg bisa jd pilihan.

Hal ini hrs dilakukan dgn hati2, jgn tll byk menggerakkan BB tsb. Selain itu, usahakan agar partikel2 kecil dari handuk/bahan yg digunakan utk mengelap agar tdk tertinggal di bagian dlm BB.

4. Vacuum Cleaner vs Hair Dryer
Terdengar lucu memang, namun menggunakan alat penyedot debu(vacuum cleaner) dpt bermanfaat utk mengeluarkan sisa2 air di dlm BB.

Di sisi lain, jgn coba gunakan hair dryer. Ingat, kedua alat ini(vacuum cleaner&hair dryer) memiliki cara kerja berbeda. Vacuum beroperasi dgn cara menghisap, sedangkan hair dryer malah bekerja dgn menyemburkan angin. Nah, sifat hair dryer inilah yg berpotensi utk mendorong sisa2 air yg ada di BB utk terjerembab lbh jauh ke bagian dlm komponen.

5. 'Kubur' dlm Beras
Cara yg paling populer adl taruh di wadah yg berisi beras krn beras memiliki sifat utk menyerap kelembaban&dikuburkan semalam saja.

6. Sabar
Setelah semua langkah di atas dilakukan, kini jurus terakhir adl soal kesabaran. User diimbau utk tdk langsung nyalakan. Ada baiknya, tunggu setidaknya 24 jam.

Berlaku utk semua ponsel
Moga Berguna..

Cara Download Video Dari YouTube



Beberapa waktu yang lalu seorang teman kuliah di SIMKES yang hobby buka situs www.youtube.com sempat bertanya kepada saya, “Bagaimana cara mendownload Video dari YouTube ? “
Itu sebenarnya pertanyaan yang sama dengan yang ingin saya sampaikan ke teman yang lebih jago computer / internet (“eskom”,red). Namun karena belum sempat ketemu si “eskom”, akhirnya saya bertanya saja kepada Uncle Google, gimana cara nge-save / download file video berformat Macromedia .flv (alias streamming video) di YouTube tersebut.
Dari hasil query menggunakan Google Search saya dapatkan 1 situs “Portal Narsis ! senarsis-narsisnya…” miliknya Sdr. Irwan, yang menyediakan jawaban lengkap atas pertanyaan diatas. Ternyata caranya mudah saja, dan cukup banyak cara seiring dengan berjalannya waktu (walau banyak cara lain, cara yang ini works for me):
BTW: Mungkin basi, tapi smoga berguna. Model YouTube versi Indonesia bisa dicoba di http://www.guebanget.com/
Cara-cara Mendownload file video dari YouTube, yaitu :

A. CARA GAMPANG
1. Pakai ”TubeHunter” (butuh duit)
Cara gampangnya salah satunya yo pake software pendownload yang juga sekaligus pengkonversi. Salah satunya adalah TubeHunter. Demo softwarenya bisa di download disini. Tinggal install dan klik!



2. Pakai “1-Click YouTube Downloader” (freeware)
Yang ini terus terang saya belum pernah mencoba, tapi saya list disini sebagai alternatif. Silahkan download softwarenya disini.



3. Pake Plugin Realplayer V11
So far, gue sih seneng pake ini. Abis liat video, tunjuk aja videonya pake mouse, nanti ada tab untuk opsi download ke Realplayer. Proses installnya sendiri gw kagak ndableg, karena terus terang opsi itu muncul setelah gue update realplayer gw.
Silahkan liat-liat di situsnya Realplayer

B. CARA SUSAH (butuh effort)
CARA 1: (sampe akhir Nov, 2007, cara-cara ini semua masih sukses)
1. Kunjungi Situs KeepVid (http://www.keepvid.com/)
2. Copy URL dari video YouTube yang akan Anda download.



3. Paste URL yang Anda copy dari Youtube ke kolom URL di KeepVid.



4. Pilih opsi YouTube sebagai pilihan (situs ini juga bisa mendownload dari server lain). Jangan lupa untuk meng-klik icon download untuk menghasilkan links..



5. Situs Keepvid akan memberikan links untuk download video yang Anda inginkan dengan meng-klik (klik kanan (save as) / (save link as) Download Link



Ketika ada opsi SAVE AS, ketikkan nama file yang diinginkan, dan berikan ekstensi file .flv (biasanya kalau di klik server akan memberi nama get_video.php, jadi Anda harus mengganti nama file-nya) e.q. get_video.php menjadi video.flv
Download video tersebut.
Untuk memutar dan menkonversikannya, silahkan kunjungi situs Riva FLV Encoder atau download versi FREE-nya disini
Anda dapat mengkonversikannya ke versi .MPG atau .AVI langsung dengan mengisi nama file asal, dan mengganti nama file tujuan dengan ekstensi .MPG atau .AVI (kalau hanya untuk diputar ulang, nggak perlu repot-repot diconvert ke format lain, cukup di putar di internal player Riva FLV Player)

CARA 2: (Versi awal tulisan ini yang masih bekerja sampai sekarang (Jul 2007)).
  1. Kunjungi situs Video Downloader
  2. Copy dan Paste URL dari video YouTube yang akan Anda download.
  3. Pilih opsi YouTube sebagai pilihan (situs ini juga bisa mendownload dari server lain).
  4. Klik DOWNLOAD
  5. Situs Video Downloader akan memberikan links untuk download video yang Anda inginkan dengan meng-klik icon DOWNLOAD LINK
  6. Ketika ada opsi SAVE AS, ketikkan nama file yang diinginkan, dan berikan ekstensi file .flv (biasanya kalau di klik server akan memberi nama get_video.php, jadi Anda harus mengganti nama file-nya).
  7. Download video tersebut.
Untuk memutarnya, Anda dapat menggunakan FLV Player yang dapat didownload disini.
Anda juga dapat mengkonversikan video tersebut ke format lain seperti MP4 atau .3GP agar dapat dimuat di Smartphone Anda dengan Replay Converter yang dapat didownload di tempat yang sama.

CARA 3: (disadur dari komentar yang merujuk ke http://ai23.wordpress.com/2007/01/15/download-youtube-ke-komputer )
Kunjungi situs http://vixy.net/
  1. Masukkan URL video dari YouTube yang ingin Anda convert.
  2. Pilih opsi hasil keluaran (output) AVI, MOV, MP4, dll
  3. Klik Start, dan tunggu sampai berhasil di convert
  4. Done

CARA 4: (Kalau Anda pengguna Mozilla Firefox, mungkin ini paling mudah)
Install add-ons Get Video (video downloader) untuk Firefox.
  1. Kunjungi situs Youtube atau Google Video.
  2. Download langsung dari Firefox (klik icon save di kanan bawah browser).
  3. Gw sendiri kadang berhasil kadang enggak pake cara ini.


CARA 5:
Kunjungi situs http://ytde.com/
  1. Ketikkan URL video yang ingin Anda download dalam kolom yang disediakan.
  2. Save file tersebut.
  3. Putar dengan Free FLV Player
Nah, itulah cara-cara yang bias kita pakai utk mendownload dan save video dari situs Youtube. Puasss? ... Puasss?? (gaya Tukul) (just kidding yee?)
Selamat mencoba, smoga bermanfaat.
Labels: tutorial YouTube

Danlantamal-I Resmikan Lanal Simeulue Sumatra Barat





KRI Teluk Cirebon bersandar di Pelabuhan Kargo, Sinabang, Senin (2/5).

Kedatangan KRI Teluk Cirebon di Simeulue dalam rangka peresmian Pangkalan TNI AL Simeulue yang direncanakan, Kamis (5/5).(Harian Aceh)
Simeulue - Keberadaan Pangkalan TNI-AL (Lanal ) di Simeulue sangat penting mengingat posisi wilayahnya merupakan pulau terluar di pantai barat Sumatera yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, sehingga rawan ancaman tindak pidana laut, infiltrasi dan bahaya terorisme.
Ditinjau dari sudut pertahanan, Pulau Simeulue merupakan jalur pendekat pihak musuh dalam melaksanakan berbagai kegiatan. Untuk itulah perlu diperlakukan pengamanan sebagai antisipasi agar terbebas dari ancaman.
Demikian amanat Pangarmabar Laksamana Muda TNI Hari Bowo M.Sc yang dibacakan Danlantamal-I Belawan Laksma TNI Amri Husaini pada upacara peresmian Lanal Simeulue di lapangan Dermaga Cargo Kabupaten Simeulue, Kamis (5/5). Selain itu, ditinjau dari sudut ekonomi pulau ini menyimpan potensi wisata yang dapat dikelola, guna menunjang pembangunan ekonomi di daerah maupun nasional.
Menurut Danlantamal-I, hal inilah yang mendasari dan alasan atas perubahan/peningkatan status Pos Pengamat TNI AL (Posal) kelas A Sinabang tersebut menjadi Lanal kelas C Simeulue.
Peresmian ini pada hakikatnya juga sebagai realisasi dari kebijakan pemimpin TNI-AL, tentang gelar kekuatan di wilayah Sumatera bagian barat serta upaya pembangunan dan pembinaan kekuatan TNI AL secara keseluruhan.
"Artinya, bila terjadi pencemaran laut seperti akibat pembuangan limbah kapal, dapat dikontrol dan dikendalikan," kata Danlantamal-I seraya menambahkan, untuk sementara ini di Lanal Simeulue akan siagakan sebanyak 29 personil.
Begitu juga unsur pendukung lainnya Patkamla dan KAL agar tahun ini juga dapat segera dikerahkan guna melakukan patroli pengamanan di perairan ini.
Pada upacara peresmian yang dihadiri Bupati Simeulue, Drs H.Darmili dan unsur Muspida plus ini, dirangkai pengukuhan Komandan Pangkalan TNI AL Simeulue Letkol Laut (E) Monang Hatorangan Sitompul. Menariknya upacara ini dimeriahkan atraksi bela diri Taekwondo Marinir, koloni senapan Yonmarhanlan-I Belawan serta Air Modelling yang dikomandoi Letkol Elfanda.

Peresmian
Dalam sambutannya Bupati Simeulue, Darmili menyebutkan, awalnya Pemkab telah mengusulkan kepada KASAL agarmeningkatkan status Posal pada 2004 lalu. Akhirnya 2010 pihaknya diundang Kasal masa itu dijabat Agus Suhartono yang menyetujui secara lisan dan merealisasikannya tahun ini.
Dengan semboyan Lanal "Mi Jago Fani Tegok" yang berarti kami jaga Pulau Simeulue dengan sekuat tenaga ini, diharapkan Bupati, TNI-AL bisa menjaga potensi kelautannya agar tidak di eksploitasi pihak asing. Bupati pada kesempatan itu juga menyerahkan surat tanah kepada Danalantamal-I seluas 3 ha agar menjadi aset TNI AL.
Kegiatan peresmian Lanal Simeule yang dihadiri aggota DPRK, Dandim 1.15, Kejati Sinabang, Kapolres Simeulue ini ditandai penandatanganan prasasti oleh Danlantamal- I, pengguntingan pita oleh Ketua Jalasenastri Lantamal-I Belawan, Nyonya Amri Husaini serta meninjau Lanal Simeulu di Jalan Pahlawan tersebut.
Sumber: HARIAN ANALISA

TNI AL Uji Coba Rudal Rusia di Selat Sunda





Kru Kapal Republik Indonesia (KRI) Surabaya-591 melakukan pengamatan jalur lintasan yang dilalui di ruang kendali di kawasan perairan Selat Sunda, Selasa (19/4). KRI Surabaya-591 adalah kapal jenis landing platform dock (LPD) yang mampu mengangkut 400 personel tempur, dua kapal landing craft unit, 22 tank, dan 3 helikopter. Kapal dengan panjang 122 meter dan lebar 22 meter ini juga dilengkapi dengan senjata meriam boffors 40 milimeter dan mitraliur oerlikon 20 mm. (Foto: KOMPAS/Hendra A Setyawan)

20 April 2011, Jakarta (KOMPAS): TNI AL menyiapkan uji coba penembakan rudal Yakhont buatan Rusia di Selat Sunda.

Kepala Dinas Penerangan TNI AL Laksamana Pertama Tri Prasodjo dalam jumpa pers di KRI Surabaya-591 Surabaya, Selasa (19/4), mengatakan bahwa sebanyak 12 kapal perang mengikuti uji penembakan yang diadakan pada Rabu (20/4) ini.

”Ini uji penembakan pertama rudal Yakhont yang memiliki jangkauan hingga 300 kilometer. Rudal ini seharga 1,2 juta dollar AS per unit. Lokasi penembakan ke sasaran sekitar 200 kilometer,” kata Tri Prasodjo.

Sasaran tembak rudal Yakhont adalah KRI Teluk Bayur buatan Amerika Serikat yang sudah tidak digunakan lagi. KRI Teluk Bayur sudah dihapus dari perbendaharaan negara sehingga dapat digunakan sebagai sasaran tembak.

Rudal Yakhont merupakan senjata permukaan ke permukaan (surface to surface) yang memiliki daya hancur dahsyat.

Tri Prasodjo tidak menjelaskan berapa banyak rudal Yakhont yang dimiliki dalam persenjataan TNI AL.

Selain menembakkan Yakhont, TNI AL juga mengadakan uji tembak rudal Exocet buatan Prancis, rudal Mistral, dan penembakan torpedo dari kapal selam.

Lokasi penembakan berada di ujung selatan Selat Sunda. Lokasi sasaran KRI Teluk Bayur berada di perairan Samudra Hindia sebelah selatan Pulau Enggano di Provinsi Bengkulu.

Sejumlah teknisi Rusia, pakar ilmiah Indonesia, dan 1.000 personel TNI AL terlibat dalam uji coba senjata itu. KRI Surabaya-591 Surabaya yang merupakan kapal komando (flag ship) Armada RI Kawasan Timur (Armatim) menjadi Posko Latihan.

 

Kru KRI Surabaya-591 mengamati jalur lintasan saat perjalanan menuju Selat Sunda dalam rangka ujicoba penembakan rudal yakont di Banten, Selasa (19/4). KRI Surabaya-591 merupakan kapal Landing Platform Dock (LPD) buatan Korea Selatan yang mempunyai panjang 122 meter , lebar 22 meter dan mampu mengangkut 400 personel tempur , 22 tank, 3 helikopter serta dilengkapi senjata meriam boffors 40 mm. (Foto: ANTARA/Prasetyo Utomo/ss/11)

Direncanakan, Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro, Menko Polhukam Djoko Suyanto, Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono, para Kepala Staf TNI, pimpinan Komisi I DPR, dan para pejabat akan datang ke KRI Surabaya.

Sejumlah pesawat intai maritim dan helikopter dikerahkan dalam latihan tersebut. KRI Surabaya berjenis landing platform dock (LPD) mampu didarati sejumlah helikopter dalam operasi militer. Sumber: KOMPAS


Rudal Yakhont Buatan Rusia Pun Menghantam KRI Teluk Bayur...

   

Kapal Republik Indonesia (KRI) Oswald Siahaan-354 (jenis kapal perusak kawal kelas Fregat Vanspijk) menembakkan peluru kendali (rudal) Yakhont dengan sasaran eks KRI Teluk Bayur-502 yang berjarak sekitar 250 kilometer di perairan Samudra Hindia, Rabu (20/4) lalu. (Foto: Kompas/Hendra A Setyawan)

23 April 2011, Jakarta (KOMPAS): Uji coba rudal Yakhont, Rabu (20/4), berhasil menghantam sasaran Kapal Republik Indonesia Teluk Bayur di Samudra Hindia dari jarak sekitar 250 kilometer. Kepala Pusat Penerangan Tentara Nasional Indonesia Laksamana Muda TNI Iskandar Sitompul, dalam jumpa pers di KRI Surabaya-591 mengatakan, uji penembakan rudal Yakhont itu berhasil mengenai sasaran.

”Selanjutnya sasaran dihantam misil Exocet dan diakhiri dengan torpedo Sut dari kapal selam KRI Cakra,” ujar Iskandar. Peluncuran rudal Yakhont berlangsung pukul 09.30 dari KRI Oswald Siahaan-354 di sebelah selatan Selat Sunda di perairan Samudra Hindia. Kapal komando latihan adalah KRI Surabaya.

  

Cuaca saat uji tembak berlangsung sempat buruk hingga pukul 09.00. Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Djoko Suyanto, Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro, Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono, dan pejabat lain terpaksa membatalkan penerbangan helikopter dari Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, karena cuaca sangat buruk. Di atas kapal terlihat awan gelap menggantung rendah di jalur penerbangan para pejabat itu. Uji tembak akhirnya dilangsungkan tanpa kehadiran mereka.

Iskandar menyatakan, uji tembak rudal Yakhont bertujuan melatih profesionalisme prajurit TNI dan juga memiliki efek tangkal (deterrent) terhadap negara tetangga yang ingin mengganggu integritas wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. ”Ini juga mendorong saling percaya dan kerja sama yang lebih kuat di antara negara ASEAN,” kata dia lagi.

Rudal Yakhont berjangkauan jelajah (cruising range) hingga 300 kilometer dengan kecepatan maksimum 2,5 mach (kecepatan suara). Rudal Yakhont dibeli dengan harga 12 juta dollar AS per unit atau sekitar Rp 100 miliar per unit.

Ditanya tentang penggelaran rudal Yakhont buatan Rusia di wilayah Indonesia, Komandan Gugus Tempur Laut Armada RI Kawasan Timur Laksamana Muda Soleman Banjar Nahor menjelaskan, saat ini KRI yang bisa digunakan sebagai platform penembakan adalah KRI di Armada Timur. ”Kita juga akan melengkapi kapal di Armada Barat dengan kemampuan teknis untuk menembakkan rudal Yakhont,” kata Soleman. Uji coba penembakan diikuti dengan simulasi perang laut.  Sumber: KOMPAS

TNI AL & US Navy Gelar Latihan Bersama CARAT 2011






Kapal perang AS jenis Destroyer, USS Howard (DDG-83), ikut terlibat dalam LAtma CARAT 2011 (Foto: dodson.tk)

JAKARTA - Dalam rangka kerjasama bilateral antara Indonesia dan Amerika Serikat TNI AL kembali menggelar Latihan Bersama (Latma) bertajuk CARAT (Cooperation Afloat Readines and Training) dengan US Navy, demikian diungkapkan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL), Laksamana TNI Soeparno.

"Latma CARAT ini dilaksanakan setiap tahun sejak tahun 2002 hingga 2006. Kemudian tahun 2007, istilah CARAT diubah menjadi Naval Enggagement Activity/NEA dan dipakai hingga 2010. Kemudian pada Latma 2011 ini istilah CARAT kembali digunakan," kata KSAL saat sambutan Pembukaan Latma CARAT di Markas Komando Armada RI Kawasan Barat, Jalan Gunung Sahari, Jakarta, Rabu (25/5).


Menurutnya, sasaran latihan bersama ini sangat strategis. Pertama, terpeliharanya hubungan baik antar kedua negara khususnya kedua Angkatan Laut. Kedua, tercapainya peningkatan koordinasi dan kerjasama taktis antara satuan TNI AL dan US Navy dalam berbagai operasi baik operasi militer perang maupun operasi militer selain perang.

Shoot me!! KSAL menambahkan Latma CARAT 2011 bakal berlangsung mulai 25 Mei hingga 2 Juni 2011 berlokasi di Laut Jawa. Latihan ini dibagi menjadi dua tahap yaitu tahap pangkalan dan tahap laut.

Kegiatan pada tahap pangkalan meliputi kegiatan simposium tentang penerbangan, kesehatan dan operasi militer. Selain itu, kegiatan pelayanan kesehatan, perbaikan fasilitas sekolah, olahraga persahabatan dan interaksi sosial melalui pertunjukkan musik dan seni budaya. Sedangkan kegiatan pada tahap laut adalah kegiatan latihan tempur dan menuver lapangan unsur/kapal di perairan Laut Jawa.

Latihan bersama Angkatan Laut ini melibatkan 3 kapal perang TNI AL dan 3 kapal perang US Navy termasuk marinir kedua Angkatan Laut. Kapal perang AS yang dilibatkan adalah USS Tortuga (LSD 46), USS Howard (DDG 83) dan USS Reuben James (FFG 57). Latihan ini melibatkan 1.500 personel dengan rincian 1.137 personel TNI AL dan 363 personel US Navy.

Sumber : JURNAS

Mencegah kerumunan semut


Saya senang mengamati cara hidup semut. Mereka melakukan peran penting dalam lingkungan, membersihkan serangga dan hewan yang mati serta melakukan aerasi pada tanah. Mereka tidak begitu menyenangkan ketika mereka mengerumuni rumah kita, meski! Biasanya kita mengambil insektisida ketika semut telah menjadi masalah, namun kini ada cara yang lebih ramah untuk mengatasi semut.


Mencegah kerumunan semut

Berikut adalah beberapa hal penting yang patut anda coba sebelum anda mengambil insektisida, tergantung pada aplikasinya:

1. Tuangkan perasan jeruk sitrun pada sekitar tempat yang seringkali dikerumuni semut.

2. Taburkan bubuk kayu manis atau tempatkan dalam kantong kain tipis di tempat yang rentan dikerubungi semut. Kayu manis merupakan bahan yang paling diminati para pembaca karena sangat efektif.

3. Baking soda dapat mencegah semut. Tuangkan pada tempat-tempat aktifitas dan mereka tida akan melintasinya.

4. Menaburkan bubuk kopi di sekitar tanaman yang sensitif juga dapat mencegah semut.

5. Tuangkan kulit jeruk yang telah diblender ke suatu tempat untuk mencegah semut dari penyebaran.

6. Semut sangat tidak menyukai cuka --- semprotkan cuka di sekitar pintu dan tempat-tempat lain yang seringkali dicari semut untuk mengusir mereka. Satu wadah kecil cuka yang dicampur madu lalu tempatkan pada tempat yang seringkali dikerumuni semut, juga merupakan salah satu kiat.

7. Seorang pembaca melaporkan bahwa bedak bayi dapat menghentikan jejak semut.

8. Tuangkan air mendidih di atas jalur semut. Itu akan menghilangkan jejak aroma.

9. Taburkan bubuk cengkeh di sekitar wadah makanan hewan piaraan.

10. Memindahkan kayu-kayu dan bebatuan di sekitar kebun anda.

11. Tanam pohon mint di sekitar sayuran, bunga taman, dan di sekitar rumah.

12. Beberapa pembaca menemukan kayu manis yang ditaburkan pada jalur semut akan sangat efektif.

13. Minyak jeruk merupakan alat pencegah yang baik. Rendam beberapa utas tali dan tempatkan pada jalur yang dilalui semut.

14. Gunakan sepotong kapur untuk menggambar sebuah garis pada lintasannya-semut tidak akan mau melintasinya. Kapur juga memiliki keuntungan karena dapat digunakan pada permukaan vertikal.

Seorang pembaca berinisiatif memutuskan bekerja sama dengan semut bukan memberantas mereka. Ia membuat lintasan gula jauh dari rumahnya menuju tumpukan kompos dan menghentikan niat semut-semut itu menuju jamuan yang lebih besar di sana. Hal itu cukup berhasil.

Semut menyerang dengan sebuah alasan - biasanya untuk makan dan minum - Jadi jangan lupa menyimpan makanan dengan aman di tempat yang baik dan bersih, setelah anda menyiapkan makanan. Juga periksa pipa air yang bocor, khususnya di bawah tempat pencuci piring. Bangkai serangga dapat merangsang kerumunan semut, maka periksa jendela dan tempat-tempat lain di mana mereka biasanya berkerumun.

Membasmi Semut

Sangat disayangkan, kadang-kadang anda lebih memilih membasmi daripada mencegah mereka. Berikut adalah cara yang lebih ramah untuk melakukannya:

Campurkan 1/8 sendok teh bubuk borak dan gula atau madu yang akan memikat dan membunuh semut-semut itu. Ini adalah campuran yang seringkali digunakan dalam produk komersial khusus untuk semut. Semut pekerja akan membawanya kembali ke sarang dan menularkannya pada semut-semut lain, yang kremudian membunuh koloninya. Sementara borak dalam takaran kecil tidak membahayakan hewan yang lebih besar namun dalam dosis tinggi dapat membahayakan, maka berhati-hatilah menempatkan dan menyimpanannya dari hewan peliharaan dan anak-anak.

Seorang pembaca melaporkan, dengan menggunakan jagung giling kasar dapat membasmi semut; sebuah strategi non-toksik, berhasil ia gunakan selama 20 tahun. Teori dibalik ini adalah semut yang makan jagung giling kasar, ketika ia minum air jagung giling itu akan mengembang pada perut, yang akhirnya membunuh semut-semut itu.

Efek Alkohol Bagi Petualang



Alkohol dan petualangan, ada sebagian yang hampir tak bisa memisahkan, semua menjadi satu, sambil berpetualang, juga minum alkohol, bahkan kadar alkohol yang cukup tinggi. Apa alasannya, semisal mendaki gunung harus menyertakan minuman alkohol? Agar hangat! Itu alasan klise selama ini. Tetapi benarkah? Lalu apa efek - efek yang di timbulkan jika banyak mengkonsumsi minuman beralkohol di alam bebas?

EDUKASI

Alkohol murni tidaklah dikonsumsi manusia. Yang sering dikonsumsi adalah minuman yang mengandung bahan sejenis alkohol, biasanya adalah ethyl alcohol atau ethanol ( CH3CH2OH ). Bahan ini dihasilkan dari proses fermentasi gula yang dikandung dari malt dan beberapa buah - buahan seperti hop, anggur dan sebagainya. Bila seseorang mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol, zat tersebut diserap oleh lambung, masuk ke aliran darah dan tersebar ke seluruh jaringan tubuh, yang mengakibatkan terganggunya semua sistem yang ada di dalam tubuh. Besar akibat alkohol tergantung pada berbagai faktor, antara lain berat tubuh, usia, gender, dan sudah tentu frekuensi dan jumlah alkohol yang dikonsumsi.

Efek setelah minum dalam jumlah besar :
- banyak sekali berbicara
- eneg
- muntah
- sakit kepala, pusing
- rasa haus
- rasa lelah
- disorientasi
- tekanan darah menurun
- refleks melambat

Akibat Penggunaan – Jangka Panjang :
- Kegelisahan
- Gemetar / tremor
- Halusinasi
- Kejang - kejang
- Bila disertai dengan nutrisi yang buruk, akan merusak organ vital seperti otak dan hati.

Alkohol bisa berasal dari mana saja, tapi yang paling populer terdapat dalam minuman anggur, bir atau minuman keras lainnya. Ada 10 alasan kenapa minuman alkohol memang harus dijauhi. Minuman alkohol memang bisa bagus untuk kesehatan, misalnya menghangatkan tubuh di udara yang dingin. Tapi yang banyak terjadi alkohol dikonsumsi secara berlebihan hingga manfaatnya hilang. Tidak peduli berapa pun usia seseorang, alkohol bisa menimbulkan dampak yang serius terhadap kesehatan dan dirinya sendiri.



1. Kecanduan
Kecanduan adalah salah satu efek yang paling terlihat jika seseorang menggunakan alkohol dalam jangka waktu panjang. Hal ini berarti seseorang harus minum lebih banyak sebelum mabuk atau agar bisa merasa lebih rileks.

2. Gejala balikan ( withdrawal )
Seseorang akan mengalami gejala penarikan ( withdrawal ) ketika mencoba untuk berhenti minum secara tiba - tiba atau saat bangun keesokan harinya. Gejala ini termasuk merasa cemas, mual, muntah, mudah marah, kehilangan nafsu makan dan perasaan gemetar.

3. Penyakit hati
Menurut University of Maryland Medical Center, penggunaan alkohol bisa menyebabkan penyakit hati kronis, seperti fatty liver ( lebih dari 90 persen pengguna alkohol ), serta hepatitis alkoholik dan sirosis alkohol yang bisa mengakibatkan kegagalan hati.

4. Mengakibatkan kecelakaan
Alkohol akan mengganggu kemampuan seseorang mengemudi dan memperlambat proses berpikir. Gabungan kondisi ini menjadi penyebab seseorang mengalami kecelakaan setelah minum alkohol.

5. Perilaku berbahaya
Alkohol bisa mengurangi kemampuan inhibisi alami seseorang, sehingga orang yang mabuk seringkali melakukan hal - hal berbahaya tanpa disadarinya seperti berhubungan seks tanpa menggunakan kondom atau menyeberang jalan sembarangan.

6. Efek negatif terhadap suatu hubungan
Mengonsumsi alkohol tidak hanya berefek terhadap diri sendiri, tapi juga orang - orang di sekitarnya seperti anak - anak. Karenanya kekerasan rumah tangga seringkali terjadi pada orang yang menyalah gunakan alkohol dan anak - anak, mungkin menderita trauma jangka panjang akibat kebiasaan minum orangtuanya tersebut.

7. Depresi
Dalam jangka pendek, alkohol bisa memberikan efek rileksasi, tapi tanpa disadari, alkohol justru memberikan kontribusi terhadap perkembangan depresi. Sekitar 40 persen peminum berat menunjukkan tanda - tanda depresi.

8. Kehilangan pekerjaan
Semakin sering seseorang minum alkohol, maka semakin berkurang pemikirannya tentang tanggung jawab termasuk pekerjaan. Hal ini akan menurunkan produktivitas bekerja dan nantinya berujung pada pengangguran.

9. Memicu masalah hukum
Mengonsumsi alkohol bisa memicu terjadinya masalah hukum, seperti ditangkap akibat perilaku tidak tertib atau mengemudi di bawah pengaruh alkohol.

10. Mengabaikan kebersihan diri sendiri
Seseorang yang mengonsumsi alkohol lama kelamaan akan mengabaikan kebersihan dirinya sendiri, seperti memakai baju yang sama berulang - ulang, jarang mandi atau lupa menyikat gigi. Karena yang ada di dalam pikiran orang tersebut hanyalah alkohol dan berhenti memikirkan hal lainnya.

Tiba saatnya bagi yang gemar membawa minuman berkadar alkohol saat berada di alam bebas untuk menyadarinya. Tak ada gunanya, justru akan mudah membuat kita tak selamat. Tak ada lagi alasan untuk sekedar menghangatkan badan dalam suhu dingin, itu tak banyak membantu. Yang ada justru efek bersifat konyol dan menimbulkan perilaku menyimpang serta jauh dari nilai kesopanan bila otak tak lagi sinkron dengan perasaan.

Ini Dia Kapal Anti Perompak Andalan Amerika



Kapal ini mengambil nama dari pahlawan AS pada Perang Vietnam, Jimmie Howard


Kapal Destroyer AS, USS HOWARD (DDG 83) (VIVAnews/Muhamad Solihin)

VIVAnews - 

Senin, 30 Mei 2011, Kapal destroyer Amerika Serikat, USS Howard DDG 83, hari ini merapat ke pelabuhan peti kemas, Tanjung Priok, Jakarta. Kapal itu baru saja melakukan latihan tempur gabungan dengan TNI Angkatan Laut.
Di atas dek kapal sepanjang 155 meter tersebut, tiga orang perwira memamerkan peralatan yang diperlukan dalam operasi penyerangan atas kapal perompak.
Selain senjata, di antara peralatan yang diperlukan dalam penyerangan adalah tali pemanjat, perlengkapan medis, dan perangkat perusak kapal. Tim penyerang terdiri dari 18 orang, mereka dibagi berdasarkan tugasnya masing-masing.
Setidaknya dalam satu tim terdapat seorang pembobol yang bertugas untuk mendobrak pintu masuk maupun melubangi dinding kapal. Pendobrak dilengkapi dengan dengan peralatan berat yang terdiri dari kapak, las tangan, dan perusak pintu. Peralatan ini beratnya puluhan kilogram namun dapat mereka angkat dengan mudah.
"Dalam satu kali operasi penyerangan biasanya memakan waktu dua jam hingga paling lama 19 jam," ujar salah seorang tentara, Alex Hererra. Dia mengatakan bahwa setiap penyerang dilengkapi dengan senapan serbu M4 dan pistol 9 mm.


Pada kapal perang seberat 9.200 ton ini juga terdapat pasukan pemadam kebakaran. Salah seorang pemadam di USS Howard, Shipper, memampang perlengkapan bagi para pemadam dalam kapal. "Ini sangat diperlukan, karena kita tidak bisa menelepon pemadam kebakaran di tengah kapal," ujar Shipper.
Terdapat 11 senapan mesin kaliber 50 yang diletakkan di setiap sisi kapal berkecepatan lebih dari 30 knot ini. Ketika kapal berlayar, pos-pos senapan mesin ini ditempati oleh tentara 24 jam sehari. "Ketika kapal berlayar, kapal menjadi sangat rentan serangan, tentara itu untuk menjaga jika kapal diserang," ujar juru bicara USS Howard, McCullen.
Sebagai alat mobillisasi maupun penunjang serangan, kapal berawak lebih dari 300 orang ini dilengkapi dengan empat helikopter tipe SH 60 Seahawk yang dipersenjatai dengan torpedo MK 46 dan rudal Hellfire. Salah satu helikopter siaga di dek penerbangan, sementara lima lainnya diletakkan di dalam hanggar.



Sebagai pertahanan akhir, kapal ini memiliki peluncur roket jarak pendek MK 15 yang terpampang di hidung kapal. Peluncur roket jarak dekat ini mampu menembak hingga jarak 300 meter jauhnya.
USS Howard dan dua kapal lainnya, yaitu USS Tortuga dan USS Reuben James, mengikuti latihan gabungan Cooperation Afloat Readiness and Training (CARAT) bersama dengan TNI AL di Selat Sunda sejak 25 Mei lalu. Kapal ini mengambil nama dari pahlawan AS pada Perang Vietnam, Jimmie Howard. Dia memimpin 18 orang saat menyerang angkatan laut Viet Cong pada 1966.
Kapal yang mempunyai moto "Siap untuk Menang" ini selesai dibuat pada 1998 dan pertama kali bertugas pada 20 Oktober 2001. Pada September 2008, Kapal ini pernah melakukan penyerangan terhadap kapal Ukraina bernama Faina yang dibajak oleh perompak Somalia. Kapal Faina yang memuat 33 tank T-72 buatan Rusia itu berhasil dibebaskan pada Februari 2009. • VIVAnews Denny Armandhanu

25 Pulau di Sumbar Tujuan Wisata Bahari



Pulau Kerabak Ketek -- pesisirselatan.go.id

SEBANYAK 25 pulau di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatra Barat dapat dijadikan tempat tujuan wisata bahari maupun wisata selam permukaan (snorkeling) dan belum digarap secara maksimal oleh pemerintah.

"Dari sekian banyak pulau-pulau kecil yang ada di Pessel sebenarnya ada 25 pulau yang dapat dijadikan tempat tujuan wisata bagi para turis, baik dalam negeri maupun luar negeri yang ingin berwisata bahari atau melakukan penyelaman dangkal atau permukaan," kata Kepala DKP Pessel, Edwil Noer, di Padang, Senin (30/5).

Ia menambahkan, 25 pulau yang berpotensi menjadi tempat kunjungan wisata di Pessel tersebut karena pulaunya yang indah dan masih alami, serta memiliki kekayaan hewan laut seperti penyu yang banyak di pulau-pulau tersebut.

Diantara 25 pulau yang memiliki potensi besar menjadi objek wisata bahari tersebut yang telah berhasil digarap dan menjadi objek wisata dan dikenal luas oleh masyarakat adalah Pulau Cubadak dengan luas 9 Ha, dan investor dari Italia, Pulau Pagang, dengan luas 12 Ha, dan investor dari Indonesia, Pulau Penyu, serta beberapa pulau lainnya.

Saat ini, pulau yang sedang diusahakan bisa menjadi tempat tujuan wisata bahari diantaranya adalah Pulau Kerabak Ketek, Pulau Kerabak Gadang, Pulau Kosong, di sebelah selatan.

Di sebelah utara ada Pulau Semangki Besar, Pulau Semangki Kecil, Pulau Marak, Pulau Cubadak, Pulau Setan Terusan, Pulau Karao, dan beberapa pulau lainya.

Khusus untuk Pulau Kerabak Ketek, dengan luas 2,5 Ha, saat ini telah dikelola oleh pemerintah Kabupaten Pessel, dan dijadikan tempat penangkaran penyu yang menghasilkan 10.000 ekor penyu untuk dilepaskan setiap tahunnya.

"Saat ini beberapa pulau yang memiliki potensi besar untuk dijadikan tempat wisata bahari tersebut, masih sulit untuk dikelola, karena banyak yang dimiliki kaum (warga turun temurun)," jelas Edwil.

Edwil menambahkan, pulau yang dimiliki oleh kaum tersebut membuat perkembangan pulau-pulau yang memiliki potensi menjadi tempat wisata bahari tersebut mengalami kendala untuk dikelola secara maksimal oleh pemerintah daerah.

Saat ini, pemerintah daerah tersebut sedang berupaya agar ada kerjasama antara pemilik pulau-pulau tersebut dengan pihak pemerintah untuk pengembangan wisata di daerah tersebut, dan menjadikan Pessel sebagai salah satu tujuan wisata tidak hanya lokal namun juga mancanegara, dengan keindahan alam, dan keasriannya.

Jumlah 25 pulau yang memiliki potensi untuk dijadikan wisata bahari tersebut merupakan pulau yang telah disurvei oleh DKP Pessel, dari 53 pulau-pulau kecil yang ada di perairan laut kabupaten tersebut. (Ant/X-13)

Taman Laut Terindah di Indonesia

Taman Laut terindah di Indonesia yang mana?. Sulit untuk menilai mana yang terindah. Lantaran Indonesia memiliki banyak Taman Laut yang tersebar di berbagai perairan Indonesia. Dan hebatnya, semua Taman Laut itu indah dan telah menjadi lokasi favorit untuk menyelam (diving) di tingkat dunia.
Taman Laut sendiri adalah sebutan tidak resmi untuk menyatakan daerah perairan yang memiliki keindahan dan kekayaan hayati bawah laut yang berada di dalam kawasan konservasi seperti Taman Nasional, Cagar Alam, ataupun Suaka Margasatwa. Di Indonesia tidak dikenal istilah Taman Laut. Yang dikenal biasanya adalah Taman Nasional Laut dan Cagar Alam Laut.
Terlepas dari nama yang diberikan, yang pasti Indonesia telah dianugerahi berbagai kawasan perairan yang indah. Dan tulisan kali ini bukan bermaksud memberikan peringkat mana Taman Laut yang paling indah dan yang kurang indah. Anggap saja daftar ini sebagai contoh Taman Laut terindah di Indonesia.

 
  • Taman Laut Raja Ampat, Papua Barat
Yang lagi ngetrend Taman Laut Raja Ampat merupakan bagian dari Suaka Margasatwa Kepulauan Raja Ampat terletak di Papua Barat. Lokasi seluas 60.000 ha dan merupakan taman laut terbesar di Indonesia ini termasuk dalam wilayah Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Raja Ampat adalah kawasan dengan keanekaragaman hayati bawah laut terkaya di dunia. Saat ini saja telah teridentifikasi 537 spesies terumbu karang (75 % dari total spesies terumbu karang di dunia), lebih dari seribu spesies ikan karang dan 700 jenis moluska.

  
  • Taman Laut Selat Pantar, Nusa Tenggara Timur
Taman laut Selat Pantar, Nusa Tenggara Timur yang meliputi perairan pulau Alor Besar, Alor Kecil, Dulolong, pulau Buaya, Kepa, Ternate, Pantar, dan Pura pun jadi Taman laut terindah di Indonesia. Tercatat, ada 26 titik diving yang memesona meliputi Half Moon Bay, Peter’s Prize, Crocodile Rook, Cave Point, The Edge, Coral Clitts, Baeylon, The Arch, Fallt Line, The Pacth, Nite Delht, Kal’s Dream, The Ball, Trip Top, The Mlai Hall, No Man’s Land, The Chatedral, School’s Ut, dan Shark Close.

  
  • Taman Laut Wakatobi, Sulawesi Tenggara
Taman Laut Wakatobi merupakan bagian dari Taman Nasional Kepulauan Wakotobi yang meliputi pulau Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko dan terletak antara Laut Banda dan Laut Flores. Di sini terdapat 30 lokasi penyelaman (diving) yang menyajikan Pemandangan alam bawah laut Wakatobi dengan terumbu karangnya sangat menakjubkan.

   
  • Taman Laut Derawan, Kalimantan Timur
Taman Laut Kepulauan Derawan berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Selain pulau Derawan di kawasan ini juga terdapat pulau Maratua, Sangalaki, Pajang, dan Kakaban. Keindahan bawah laut taman ini bisa dilihat dari keanekaragam jumlah spesies karang yang mencapai 470 jenis. Selain menikmati terumbu karang, di sini juga dapat menikmati padang lamun, hutan bakau, dan aneka satwa air seperti penyu hijau, penyu sisik, paus, lumba-lumba, kima, ketam kelapa, duyung, dan ikan barakuda

  
  • Taman Laut Pulau Menjangan, Bali
Perairan pulau Menjangan layak dianggap sebagai Taman Laut Terindah. Pulau yang termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bali Barat ini memiliki perairan berair jernih dengan jarak pandang mencapai 20-an meter. Beberapa lokasi diving di sini antara lain Pos Pertama, Pos Kedua, Cave Point, Bat Caves, Tenple Slopes, Anker Wreck, dan Garden Eeel.

  
  • Taman Laut Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah
Taman Laut Kepulauan Togean merupakan bagian dari Taman Nasional Kepulauan Togean yang terletak di teluk Tomini Sulawesi Tengah. Di sini diperkirakan mempunyai terumbu karang seluas 132.000 ha yang terdiri atas sekitar 262 jenis dan menjadi habitat bagi sekitar 596 jenis ikan, 555 jenis moluska, beberapa satwa langka seperti kima raksasa, penyu hijau, penyu sisik, dan paus pilot.

  
  • Taman Laut Takabonerate, Sulawesi Selatan
Taman Laut Takabonerate termasuk dalam Taman Nasional Takabonerate, Sulawesi Selatan. Laut Takabonerate dipercaya sebagai kawasan atol terbesar ketiga di dunia setelah Kwajifein (Kepulauan Marshall) dan Suvadiva (Kepulauan Maladewa). Luas total dari atol ini 220.000 hektar dengan sebaran terumbu karang mencapai 500 km² dengan 261 jenis terumbu karang.

 
  • Taman Laut Bunaken, Sulawesi Utara
Taman Laut Bunaken merupakan bagian dari Taman Nasional Bunaken. Taman Laut Bunaken terletak teluk Manado, Sulawesi Utara, memiliki area seluas 75.265 dengan 390 spesies terumbu karang yang berada di sekitar pulau Bunaken, pulau Manado Tua, pulau Siladen, pulau Mantehage, dan pulau Naen. Taman Laut Bunaken layak disebut sebagai salah satu taman laut terindah di Indonesia lantaran keanekaragaman biota laut mulai terumbu karang, ikan duyung, lumba, ikan purba choelacanth dan berbagai jenis ikan hias lainnya. Taman laut Bunaken memiliki 20 titik penyelaman (dive spot) dengan kedalaman bervariasi hingga 1.344 meter.

Selain itu masih terdapat berbagai taman laut lainnya yang keindahan dan pesona lautnya tidak perlu disangsikan seperti Taman Laut Banda (Maluku Tengah) Taman Laut Kungkungan (Sulawesi Utara), Taman Laut Teluk Jailolo (Maluku Utara), Taman Laut Pulau Weh (Aceh), Taman Laut Kepulauan Karimunjawa (Jawa Tengah) dan lain sebagainya. Kesemuanya merupakan taman-taman laut terindah. Tidak percaya?, silahkan buktikan sendiri! naskah by alamendah

Referensi dan gambar:

GUNUNG KRAKATAU




  

Gunung Krakatau berada di Selat Sunda yaitu diantara Pulau Jawa dan Pulau Sumatera.  Pulau Krakatau  yang masih  natural adalah sebuah tempat yang spektakuler dari sebuah gunung berapi termuda di dunia. Anak Gunung Krakatau telah muncul dari permukaan laut sejak tahun 1930 dan dipertimbangkan sebagai salah  satu  contoh hebat dari daratan terbaru volvanism dan tumbuhan tropis yang baik.

  

Nama Krakatau dan sejarahnya yang terkenal di dunia telah menjadi sesuatu yang sangat diminati oleh dunia keilmuan sejak abad ke 16, ketika Selat Sunda berfungsi sebagai  gerbang masuk bagi para pelaut dari benua eropa menuju kepulauan Indonesia.
Gunung Krakatau tua meletus 2 kali selama 1600 tahun terakhir, masing-masing letusan mengakibatkan bencana yang besar. Ledakan dan guncangan yang mengakibatkan lemparan batu andesit setinggi 2.000 meter meninggalkan 3 kerucut yang selama berabad-abad merupakan satu pulau volcano.
Sebelum letupan spektakuler pada tgl 27 Agustus 1883 yang menghancurkan gunung pada level diatas permukaan laut, Letusan  hebat terakhir adalah salah satu letusan terbesar di muka bumi ini, membunuh lebih dari 35.000 orang yang tinggal di Pulau Jawa dan Pulau Sumatera yang tinggal di sekitar Selat Sunda. Bongkahan-bongkahan dari batu seberat lebih dari 600 ton dilemparkan dari pantai dan tsunami dengan gelombang yang hebat setinggi 40 meter dan bisa mencapai 2 meter jika mencapai ibukota Jakarta.
Sebanyak 20 km kubik material telah dkirim dari Singapore., 840 km ke arah timur laut, dan dengan perjalanan kapal laut sejauh lebih dari 6.000 km. Kayu keras yang baik berada di wilayah garis lintang tertinggi karena tidak biasa dengan sunset selama 3 tahun dan dan berfungsi sebagai saringan sinar matahari, hasilnya dalam 5 tahun suhu global turun sebanyak 1,2 cderajat celcius.

  

Saat ini Pulau Krakatau menjadi cadangan nasional yang terdiri dari 4 pulau, yaitu : Payang dan Sertung yang merupakan sisa dari letusan 416 AD, ketika Rakata digunakan menjadi ujung selatan dari pulau ketika terjadi letusan pada tahun 1883.

  

  
Dengan ketinggian 800 meter, Pulau Rakata ditutupi oleh hutan dan sekitar 40 species burung-burung dan sekitar 54 spesies kupu-kupu yang memberikan kekayaan fauna di sana. Batu karang-batu karang yang berada di sebelah utara Rakata dan sebelah barat Sertung menawarkan sebuah kekayaan alam serta membentuk kehidupan bawah laut dengan koloni utama dan koloni sekunder.
Berbaring di tepi dari  Sunda [yang] aktip Rak, Rakata [yang] secara teratur mengalami aktivitas volkanis penting ( 1952, 1972, 1992 dan 1994) sebagai bagian dari suatu siklus umum untuk gunung api. Beratus-Ratus tahun dalam errupting pada tingkat rendah untuk membangun gunung api telah diikuti oleh letusan sangat besar ( 416 IKLAN dan 1883), ketika gunung api roboh ke dalam suatu caldera. aktivitas [yang] sangat Rendah hati dilaporkan pada awal March’99, dengan bulu-bulu asap yang naik dari 600-meter kerucut lebar/luas.

  
Rakata yang secara teratur berpengalaman dalam beraktifitas vulkanik (1952, 1972, 1992, 1994) sebagai bagian dari lingkaran vulkanik. Beatus-ratus tahun dalam eruption pada tingkat rendah telah membentuk sebuah gn berapi yang diikuti oleh letusan yang sangat besar (416 AD dan 1883), ketika gn berapi roboh kedalam suatu kaldera. Aktifitas yang sangat rendah dilaporkan pada awal Maret 1999, dengan kepulan asap yang naik setinggi 600 meter dari kerucut yang lebar.

Data Pengunjung Februari 2010

Pelantikan Pinsakada Bahari Prop.DIY

Pelantikan Pinsakada Bahari Prop.DIY

Seragam Pramuka Saka Bahari

Seragam Pramuka Saka Bahari

Mendapat arahan dari Kakak-kakak

Mendapat arahan dari Kakak-kakak

Tongkat Pora

Tongkat Pora
Pernikahan Kak Fauzi & kak Wanti

Badgenya dipasang biar siap dilantik....

Badgenya dipasang biar siap dilantik....

Paling Populer

Menyediakan Berbagai Kebutuhan Atribut Pramuka :



Perlengkapan dan Peralatan Pramuka