Follow by Email

Kamis, 10 Desember 2009

UPACARA PERINGATAN KE-64 HARI ARMADA RI TAHUN 2009

Sabtu 5 Desember 2009, 64 tahun sudah pengabdian Armada Republik Indonesia (Armada RI) kepada Negara dan Bangsa. Peringatan ke-64 Hari Armada RI Tahun 2009 ini digelar dalam bentuk upacara Parade dan Defile di Dermaga Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim), Ujung Surabaya, bertindak selaku Inspektur Upacara Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Madya TNI Agus Suhartono, SE. Kegiatan tersebut dihadiri para mantan Kepala Staf Angkatan Laut, pejabat teras Mabesal, para Panglima Komando Utama TNI Angkatan Laut serta pejabat Muspida Pemprov Jawa Timur.
             
Sebanyak 2730 prajurit TNI AL peserta upacara dengan 5 kapal perang sebagai latar belakang yakni kapal cepat berpeluru kendali KRI Rencong-622, kapal perang Sigma Class KRI Sultan Iskandar Muda-367, kapal LST KRI Teluk Mandar-514 dengan membawa baliho raksasa ukuran 30 meter x 8 meter, kapal jenis Sigma Class KRI Diponegoro-365 serta kapal cepat berpeluru kendali KRI Keris-624. Selain itu menjelang upacara para undangan juga terlebih dahulu dihibur orkestra symphony Korps Musik TNI AL dengan para penyanyi dari Korps Wanita TNI AL.
 
Pada upacara peringatan tersebut juga ditandai dengan Kasal memberikan tanda penghargaan Satya Lencana Kesetiaan, 24 tahun, 16 tahun dan 8 tahun kepada prajurit Koarmatim. Disamping itu, Kasal juga memberikan penghargaan kepada Kapal Perang dan Pangkalan TNI AL yang berprestasi.
 
Seusai pelaksanaan upacara parade sebelum pelaksanaan defile pasukan dan kendaraan tempur, para undangan dihibur dengan pertunjukan “Military dance” yang melibatkan 300 personel gabungan dari perwira, bintara, tamtama dan Korps Wanita TNI AL (Kowal) Koarmatim, serta hiburan paduan suara 600 prajurit Koarmatim. Sedangkan dalam defile kendaraan tempur diperlihatkan berbagai jenis mesin perang termutakhir TNI AL yang dimiliki.
 
Selain upacara dan defile, pada Peringatan ke-64 Hari Armada RI ini, pada malam harinya, Sabtu (5/12) akan digelar Malam Hiburan Prajurit yang berlangsung di Dermaga Koarmatim. Pada kegiatan panggung hiburan malam prajurit ini akan dimeriahkan oleh Roy Boomerang Independent Band. Kemudian pada pagi harinya, Minggu (6/12) di Dermaga Koarmatim Ujung dinyatakan terbuka untuk umum. Kegiatan yang diberi nama “Naval Base Open Day” ini digelar beberapa rangkaian acara, diantaranya Armada Fun Bike, panggung hiburan, bazaar dan open ship (kunjungan ke kapal perang) maupun ke Monumen Jalesveva Jayamahe yang diperuntukan untuk prajurit dan masyarakat umum.
 
Mengawali kegiatan peringatan Hari Armada RI kali ini, sebelumnya juga dilaksanakan beberapa rangkaian kegiatan sosial yaitu diantaranya donor darah oleh 824 prajurit serta pemberian tali asih kepada para warakamuri dan panti asuhan.
 
Dalam amanat Kasal mengatakan, bahwa Hari Armada RI hakikatnya adalah Hari TNI Angkatan Laut sehingga upacara kali ini masih dipahami sebagai peringatan Hari Armada RI ke- 64. Namun dengan mempertimbangkan aspek historis dan aspek yuridis serta beberapa masukan dari para sesepuh yang kemudian dipertegas dengan Peraturan Kasal Nomor Perkasal/77/X/2009 tanggal 26 Oktober 2009, maka setiap tanggal 5 Desember diperingati sebagai Hari Armada RI. Sedangkan hari lahir TNI Angkatan Laut diperingati setiap tanggal 10 September.
 
”Atas dasar hal tersebut, maka upacara Hari Armada RI tahun 2009 merupakan Hari Ulang Tahun Emas Armada RI, sekaligus kita canangkan sebagai tonggak perubahan yang menjadi momen penting kembalinya ”Hari Armada Republik Indonesia”. Untuk itu, melalui upacara kali ini TNI AL ingin mengembalikan memori kita terhadap sejarah perjalanan Armada RI dan ingin menumbuhkembangkan serta memperkuat jiwa korsa, kebanggaan, kecintaan dan kehormatan bagi prajurit TNI AL yang bertugas dijajaran Armada dalam meningkatkan semangat juang serta pengabdian kepada bangsa dan negara,”kata Kasal menegaskan.
 
 
diposting dari
by dispenal

Data Pengunjung Februari 2010

Pelantikan Pinsakada Bahari Prop.DIY

Pelantikan Pinsakada Bahari Prop.DIY

Seragam Pramuka Saka Bahari

Seragam Pramuka Saka Bahari

Mendapat arahan dari Kakak-kakak

Mendapat arahan dari Kakak-kakak

Tongkat Pora

Tongkat Pora
Pernikahan Kak Fauzi & kak Wanti

Badgenya dipasang biar siap dilantik....

Badgenya dipasang biar siap dilantik....

Paling Populer

Menyediakan Berbagai Kebutuhan Atribut Pramuka :



Perlengkapan dan Peralatan Pramuka