Follow by Email

Kamis, 02 Juni 2011

Kopdar di Bawah Laut



Author: Ridho


Bagi sebagian warga Saka Bahari mungkin ada yang sudah akrab dengan olahraga air yang satu ini. Ya, diving atau scuba diving memang olahraga bagi kalangan tertentu. Tapi sebenarnya siapapun bisa menjajal sensasi menyelam didalam laut ini. Berbagai macam biota laut dan ikan-ikan mungil beraneka bentuk dan warna serta terumbu karang yang sangat indah terhampar didasar samudera. Penasaran? Ingin mencoba menaklukan dunia bawah laut?
Diving atau menyelam merupakan kegiatan yang menyenangkan dan aman, asalkan Motobikers memiliki keterampilan dan pengetahuan yang memadai seputar olahraga air ini.  Faktor yang cukup berpengaruh sebelum memulai diving adalah menyangkut kesiapan fisik dan kesehatan. Jika Motobikers tidak mengikuti prosedur keselamatan yang sudah ditetapkan, akan menimbulkan resiko bahaya dalam kegiatan ini.
Untuk melakukan diving secara aman, anda dianjurkan memiliki berat badan ideal. Jika motobikers memiliki berat badan yang berlebihan, olahraga ini tidak dianjurkan. Pasalnya, diving termasuk olah raga berat yang mengharuskan sistem pernafasan dan sirkulasi darah harus dalam keadaan yang baik. Jika Motobikers memiliki penyakit jantung, sedang flu, atau penyumbatan saluran pernafasan, epilepsi, gangguan medis serius, atau di bawah pengaruh alkohol dan zat narkoba tidak disarankan untuk melakukan diving.  Selain itu, Motobikers harus mempelajari aturan-aturan penting tentang keselamatan meliputi cara bernafas dan proses ekualisasi selama melakukan diving dari instuktur.
Anda yang hobi diving, jangan lupa untuk menyambangi kawasan Bali. Selain eksotika bawah laut yang masih alami, suasana nyaman menjadi nilai plus tersendiri. Tercatat lima daerah besar yang kerap dikunjungi penyelam di Bali. Tempat tersebut adalah Nusa Dua dan Sanur, Nusa Penida, Padang Bai dan Candi Dasa, Cemeluk dan Tulamben, serta Pemuteran dan Menjangan. Masing-masing area memiliki karakteristik dan keunikan yang tidak didapat ditempat lain. Mulai dari penyelam semi professional hingga penyelam yang sudah mahir bisa melakukan penyelaman disini. Motobikers juga bisa menemukan beberapa bagian kecil daerah berkarang di Bali yang berada di bawah batas aman penyelaman yakni pada kedalaman sampai 40 meter.
Walau sangat menyenangkan, diving pada dasarnya merupakan olahraga penuh resiko. Namun demikian, jika motobikers melakukan diving sesuai prosedur keamanan dan keselamatan, kegiatan menyelam ini akan sangat menyenangkan, aman dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan saat menyelam.

Berikut beberapa tips sebelum memulai diving :
  1. Ikuti pelatihan diving dan dapatkan kualifikasi dari lembaga yang sudah terdaftar seperti PADI, SSI, CMAS dan lainnya.
  2. Berkomunikasi dengan pelatih atau instruktur yang akan melatih Motobikers. Pastikan bro mendapatkan apa yang diharapkan, tentu saja disesuaikan dengan aturan keselamatan dan kondisi lingkungan.
  3. Mintalah referensi dari teman – teman Motobikers yang telah menjalani pelatihan scuba diving.
  4. Lakukan olahraga renang sebelum memulai diving, biasanya bro akan diminta menunjukan kemampuan berenang 200 meter tanpa henti dan kemampuan mengambang selama 10 menit di kolam renang.
  5. Setelah mendapatkan kualifikasi atau sertifikat diving, janganlah pergi menyelam di tempat yang berbahaya. Apalagi kalau bro belum memiliki kemampuan ataupun kualifikasinya, seperti gua dasar laut,  kapal karam, perairan berarus kencang dan lain – lain. Ikutilah pelatihan lanjutan untuk dapat melakukan penyelaman tersebut.
  6. Periksa peralatan diving dengan cermat dan pastikan fungsi kerja masing-masing peralatan. Terutama bila  bro menyewa peralatan tersebut (peralatan bukan milik pribadi).
  7. Cari tahu tentang cuaca di tempat diving sebelum pergi menyelam. Pastikan bahwa suhu air dan kondisi cuaca cukup aman untuk melakukan penyelaman.
  8. Lindungi kulit dengan waterproof sunscreen yang mengandung Sun Protection Factor (SPF).Gunakanlah sunglasses untuk melindungi mata dari sinar matahari. Pilih kacamata hitam yang bisa menyerap setidaknya 90 persen dari sinar matahari.
Untuk terus menjaga keselamatan saat menyelam, ikuti anjuran instruktur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Data Pengunjung Februari 2010

Pelantikan Pinsakada Bahari Prop.DIY

Pelantikan Pinsakada Bahari Prop.DIY

Seragam Pramuka Saka Bahari

Seragam Pramuka Saka Bahari

Mendapat arahan dari Kakak-kakak

Mendapat arahan dari Kakak-kakak

Tongkat Pora

Tongkat Pora
Pernikahan Kak Fauzi & kak Wanti

Badgenya dipasang biar siap dilantik....

Badgenya dipasang biar siap dilantik....

Paling Populer

Menyediakan Berbagai Kebutuhan Atribut Pramuka :



Perlengkapan dan Peralatan Pramuka