Follow by Email

Kamis, 02 Juni 2011

GUNUNG KRAKATAU




  

Gunung Krakatau berada di Selat Sunda yaitu diantara Pulau Jawa dan Pulau Sumatera.  Pulau Krakatau  yang masih  natural adalah sebuah tempat yang spektakuler dari sebuah gunung berapi termuda di dunia. Anak Gunung Krakatau telah muncul dari permukaan laut sejak tahun 1930 dan dipertimbangkan sebagai salah  satu  contoh hebat dari daratan terbaru volvanism dan tumbuhan tropis yang baik.

  

Nama Krakatau dan sejarahnya yang terkenal di dunia telah menjadi sesuatu yang sangat diminati oleh dunia keilmuan sejak abad ke 16, ketika Selat Sunda berfungsi sebagai  gerbang masuk bagi para pelaut dari benua eropa menuju kepulauan Indonesia.
Gunung Krakatau tua meletus 2 kali selama 1600 tahun terakhir, masing-masing letusan mengakibatkan bencana yang besar. Ledakan dan guncangan yang mengakibatkan lemparan batu andesit setinggi 2.000 meter meninggalkan 3 kerucut yang selama berabad-abad merupakan satu pulau volcano.
Sebelum letupan spektakuler pada tgl 27 Agustus 1883 yang menghancurkan gunung pada level diatas permukaan laut, Letusan  hebat terakhir adalah salah satu letusan terbesar di muka bumi ini, membunuh lebih dari 35.000 orang yang tinggal di Pulau Jawa dan Pulau Sumatera yang tinggal di sekitar Selat Sunda. Bongkahan-bongkahan dari batu seberat lebih dari 600 ton dilemparkan dari pantai dan tsunami dengan gelombang yang hebat setinggi 40 meter dan bisa mencapai 2 meter jika mencapai ibukota Jakarta.
Sebanyak 20 km kubik material telah dkirim dari Singapore., 840 km ke arah timur laut, dan dengan perjalanan kapal laut sejauh lebih dari 6.000 km. Kayu keras yang baik berada di wilayah garis lintang tertinggi karena tidak biasa dengan sunset selama 3 tahun dan dan berfungsi sebagai saringan sinar matahari, hasilnya dalam 5 tahun suhu global turun sebanyak 1,2 cderajat celcius.

  

Saat ini Pulau Krakatau menjadi cadangan nasional yang terdiri dari 4 pulau, yaitu : Payang dan Sertung yang merupakan sisa dari letusan 416 AD, ketika Rakata digunakan menjadi ujung selatan dari pulau ketika terjadi letusan pada tahun 1883.

  

  
Dengan ketinggian 800 meter, Pulau Rakata ditutupi oleh hutan dan sekitar 40 species burung-burung dan sekitar 54 spesies kupu-kupu yang memberikan kekayaan fauna di sana. Batu karang-batu karang yang berada di sebelah utara Rakata dan sebelah barat Sertung menawarkan sebuah kekayaan alam serta membentuk kehidupan bawah laut dengan koloni utama dan koloni sekunder.
Berbaring di tepi dari  Sunda [yang] aktip Rak, Rakata [yang] secara teratur mengalami aktivitas volkanis penting ( 1952, 1972, 1992 dan 1994) sebagai bagian dari suatu siklus umum untuk gunung api. Beratus-Ratus tahun dalam errupting pada tingkat rendah untuk membangun gunung api telah diikuti oleh letusan sangat besar ( 416 IKLAN dan 1883), ketika gunung api roboh ke dalam suatu caldera. aktivitas [yang] sangat Rendah hati dilaporkan pada awal March’99, dengan bulu-bulu asap yang naik dari 600-meter kerucut lebar/luas.

  
Rakata yang secara teratur berpengalaman dalam beraktifitas vulkanik (1952, 1972, 1992, 1994) sebagai bagian dari lingkaran vulkanik. Beatus-ratus tahun dalam eruption pada tingkat rendah telah membentuk sebuah gn berapi yang diikuti oleh letusan yang sangat besar (416 AD dan 1883), ketika gn berapi roboh kedalam suatu kaldera. Aktifitas yang sangat rendah dilaporkan pada awal Maret 1999, dengan kepulan asap yang naik setinggi 600 meter dari kerucut yang lebar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Data Pengunjung Februari 2010

Pelantikan Pinsakada Bahari Prop.DIY

Pelantikan Pinsakada Bahari Prop.DIY

Seragam Pramuka Saka Bahari

Seragam Pramuka Saka Bahari

Mendapat arahan dari Kakak-kakak

Mendapat arahan dari Kakak-kakak

Tongkat Pora

Tongkat Pora
Pernikahan Kak Fauzi & kak Wanti

Badgenya dipasang biar siap dilantik....

Badgenya dipasang biar siap dilantik....

Paling Populer

Menyediakan Berbagai Kebutuhan Atribut Pramuka :



Perlengkapan dan Peralatan Pramuka