Follow by Email

Senin, 04 Oktober 2010

AMANAT PANGLIMA TNI PADA UPACARA SERAH TERIMA JABATAN PANGLIMA TNI JAKARTA, 2 OKTOBER 2010



ASSALAMUALAIKUM WR. WB.

SALAM SEJAHTERA UNTUK KITA SEMUA,

YANG TERHORMAT JENDERAL TNI DJOKO SANTOSO, PARA PIMPINAN LEMBAGA TINGGI NEGARA, PARA MENKO DAN MENTERI KIB II,

YANG SAYA HORMATI,

KAPOLRI DAN PARA KAS ANGKATAN,

YANG MULIA PARA DUTA BESAR NEGARA SAHABAT,

HADIRIN DAN UNDANGAN, YANG BERBAHAGIA,

PARA PERWIRA, BINTARA, TAMTAMA, DAN PEGAWAI NEGE­RI SIPIL TNI SERTA SEGENAP PESERTA UPACARA YANG SAYA CINTAI DAN SAYA BANGGAKAN, 

SEBAGAI INSAN HAMBA TUHAN YANG BERIMAN DAN BER­TAKWA, MARILAH KITA TIDAK HENTI-HENTINYA MEMANJATKAN PUJI DAN SYUKUR KE HADIRAT TUHAN YANG MAHA ESA, KARENA ATAS RAHMAT DAN KARUNIA-NYA, PADA HARI INI KITA DAPAT HADIR DI TEMPAT INI DALAM RANGKA MENGIKUTI UPACARA SERAH TERIMA JABATAN PANGLIMA TENTARA NASIONAL INDONESIA DARI JENDERAL TNI DJOKO SANTOSO KEPADA SAYA SELAKU PEJABAT PANGLIMA TNI YANG BARU.

BARU SAJA KITA CERMATI SAMBUTAN JENDERAL TNI DJOKO SANTOSO SELAKU MANTAN PANGLIMA TNI, YANG WALAUPUN SINGKAT NAMUN SANGAT SARAT DENGAN MAKNA, KESAN DAN PESAN SELAMA BELIAU MENJABAT SEBAGAI PANGLIMA  TNI.   SELAIN ITU, JUGA TELAH KITA DENGARKAN HARAPAN-HARAPAN BELIAU TERHADAP KITA SEMUA JAJARAN TNI DALAM MENYONGSONG TUGAS-TUGAS MASA MENDATANG.   TUGAS TNI MENDATANG TIDAK AKAN MENJADI SEMAKIN RINGAN, KARENA AKAN DIHADAPKAN DENGAN BERBAGAI TANTANGAN YANG SEMAKIN KOMPLEKS, SEIRING DENGAN PERKEMBANGAN LINGKUNGAN STRATEGIS YANG SEMAKIN CEPAT.  

PARA PERWIRA, BINTARA, TAMTAMA DAN PNS TNI PESERTA UPACARA SERTA HADIRIN SEKALIAN,

PADA KESEMPATAN YANG BAIK INI SAYA INGIN MENGAWALI TUGAS SAYA DENGAN MENGUCAP BISMILLAHIRROHMANNIRROHIM, SEMOGA DALAM PELAKSANAAN TUGAS KE DEPAN, KITA SENANTIASA DIBERIKAN PETUNJUK DAN KEKUATAN OLEH TUHAN YANG MAHA ESA, ALLAH  S.W.T, SEHINGGA AMANAH DAN TANGGUNG JAWAB SEBAGAI PANGLIMA TNI DAPAT SAYA JALANKAN SEBAIK-BAIKNYA.

SAYA JUGA INGIN MENYAMPAIKAN TERIMA KASIH KEPADA PARA SESEPUH TNI, PARA PERWIRA SENIOR, TERUTAMA JENDERAL TNI DJOKO SANTOSO, REKAN-REKAN PERWIRA SERTA SELURUH ANGGOTA TNI DIMANAPUN BERADA DAN BERTUGAS, JUGA KEPADA NEGARA DAN RAKYAT INDONESIA ATAS DUKUNGAN DAN KEPERCAYAAN YANG TELAH DIBERIKAN KEPADA SAYA.  SEMOGA HAL TERSEBUT AKAN MEMPERTINGGI SEMANGAT DAN KEKUATAN BAGI DIRI SAYA, DALAM MENGEMBAN TUGAS JABATAN SEBAGAI PANGLIMA TNI.

SAYA MENYADARI SEPENUHNYA BAHWA TANTANGAN TUGAS TNI KEDEPAN TIDAKLAH SEMAKIN RINGAN DALAM MENEGAKKAN KEDAULATAN NEGARA, MENJAGA KEUTUHAN WILAYAH DAN MELINDUNGI SEGENAP BANGSA DAN TUMPAH DARAH INDONESIA, DIHADAPKAN KEPADA KECENDERUNGAN PERKEMBANGAN LINGKUNGAN STRATEGIS SAAT INI.

 NAMUN DEMIKIAN, DENGAN MENGACU KEPADA UNDANG-UNDANG NOMOR 34 TAHUN 2004 DAN LANDASAN YANG TELAH DICANANGKAN OLEH JENDERAL TNI DJOKO SANTOSO BERUPA KEBIJAKAN SAPTA TUNGGAL DAN RENCANA STRATEGIS TAHUN 2010-2024 DALAM RANGKA PEMBANGUNAN KEKUATAN POKOK MINIMUM ATAU MINIMUM ESSENTIAL FORCE (MEF) DENGAN KONSEP TRI MATRA TERPADU, MAKA TANTANGAN TUGAS SEBERAT APAPUN AKAN DAPAT DIHADAPI TNI SECARA PROFESIONAL DAN PROPORSIONAL.

OLEH KARENA ITU, SAYA SELAKU PANGLIMA TNI YANG BARU BESERTA SELURUH JAJARAN TNI MEMBERIKAN APRESIASI TERHADAP JENDERAL TNI DJOKO SANTOSO YANG TELAH MENCANANGKAN BERBAGAI KEBIJAKAN DAN STRATEGI DEMI KEBERHASILAN TUGAS POKOK TNI.

SELANJUTNYA SAYA AKAN BERUSAHA MENERUSKAN KEBIJAKAN TERSEBUT DENGAN SEMANGAT SOLIDITAS DAN SOLIDARITAS, AGAR SEGALA BENTUK TANTANGAN TUGAS, BETAPAPUN BERATNYA AKAN DAPAT KITA SELESAIKAN DENGAN SEBAIK-BAIKNYA. KARENA KITA SEMUA MEMAHAMI DAN MENYADARI, BAHWA SOLIDITAS DAN SOLIDARITAS YANG DILANDASI SEMANGAT KEBERSAMAAN, SERTA MILITANSI MERUPAKAN KUNCI KEBERHASILAN DALAM SETIAP PELAKSANAAN TUGAS-TUGAS TNI.

 DALAM KAITAN PELAKSANAAN TUGAS-TUGAS TNI TERSEBUT, SUDAH TENTU SOLIDITAS DAN SOLIDARITAS, YANG KITA BANGUN BUKAN SAJA ANTAR PRAJURIT TNI SEMATA, MELAINKAN HARUS KITA BANGUN ANTAR TNI DAN ANTAR MANTAN SERTA SESEPUH TNI DENGAN MEMBANGUN KEBERSAMAAN SALING ASAH, SALING ASIH DAN SALING ASUH, GUNA MEMBANGUN TNI YANG MEMILIKI KREDIBILITAS DAN KAPABILITAS, SERTA DICINTAI RAKYAT.

KITA SEMUA MENYADARI, BAHWA SAMPAI DENGAN SAAT INI TNI YANG KITA CINTAI MASIH MENGHADAPI BERBAGAI KETERBATASAN DAN KENDALA DALAM BERBAGAI ASPEK. NAMUN DEMIKIAN  KITA SADARI PULA BAHWA KETERBATASAN DAN KENDALA TERSEBUT BUKAN HANYA MENJADI KEWAJIBAN TNI SENDIRI UNTUK MEMECAH­KANNYA, NAMUN JUGA DIPERLUKAN PERAN SERTA PIHAK-PIHAK LAIN DARI LUAR TNI. KETERLIBATAN DAN DUKUNGAN PARA SESEPUH, PARA SENIOR, ANGGOTA MASYARAKAT, PARLEMEN, DAN PEMERINTAH MEMILIKI KONTRIBUSI YANG SANGAT BESAR DALAM MEMBANGUN TNI, YANG HARUS MAMPU MENGEMBAN TUGAS POKOKNYA DI MASA DEPAN.

PARA PERWIRA, BINTARA, TAMTAMA DAN PNS TNI PESERTA UPACARA SERTA HADIRIN SEKALIAN,

BAPAK JENDERAL TNI DJOKO SANTOSO ADALAH SOSOK SEORANG PERWIRA YANG BERWAWASAN LUAS, DAN SARAT DENGAN BERBAGAI PENGALAMAN TUGAS. BELIAU SELALU BERADA PADA RAMBU DAN NORMA YANG BENAR, BERPIKIR POSITIF, SERTA SELALU MENGAKOMODIR DENGAN BIJAKSANA SETIAP SARAN YANG BERSIFAT MEMBANGUN.  OLEH KARENA ITU, DI DALAM MENANGGAPI SESUATU PERMASALAHAN YANG ADA, BELIAU SELALU DAPAT MENGAMBIL KEPUTUSAN  DENGAN TEPAT. 

KITA SEMUA MENGETAHUI, BAHWA MASA JABATAN JENDERAL TNI DJOKO SANTOSO DIWARNAI DENGAN BERBAGAI TANTANGAN TUGAS YANG SANGAT KOMPLEKS DENGAN INTENSITAS YANG SANGAT TINGGI, DAN BELIAU MAMPU MENGATASI SEMUANYA ITU DENGAN SUATU KEPUTUSAN YANG CEPAT, TEPAT, DAN BENAR, SERTA TIDAK BERTENTANGAN UNDANG-UNDANG DAN PERATURAN YANG BERLAKU.

HAL INILAH MENURUT HEMAT SAYA YANG MENJADI SALAH SATU KUNCI KEBERHASILAN BELIAU DALAM MENANGANI BERBAGAI MASALAH KRUSIAL YANG DIHADAPI SELAMA MELAKUKAN TUGAS-TUGAS DI JAJARAN TNI TERMASUK SEMASA BELIAU MENJABAT SEBAGAI PANGLIMA TNI.

SEMUA ITU TIADA LAIN ADALAH WUJUD ATAU SOSOK SEORANG PANGLIMA YANG MEMILIKI KOMITMEN DAN LOYALITASNYA YANG LUAR BIASA DALAM MENGABDIKAN DIRI KEPADA TNI, BANGSA DAN NEGARA SERTA KEPEDULIANNYA TERHADAP NASIB PARA PRAJURIT. CITA-CITA BELIAU UNTUK MEWUJUDKAN TNI SOLID, PROFESIONAL, TANGGUH, MODERN, BERWAWASAN KEBANGSAANDAN DICINTAI RAKYAT, BUKAN MERUPAKAN JARGON SEMATA, NAMUN HAL ITU TELAH BELIAU LAKSANAKAN DENGAN SUNGGUH-SUNGGUH PADA SAAT MENJABAT SEBAGAI PANGLIMA TNI.  KESEMUANYA ITU MERUPAKAN INDIKATOR BAHWA BELIAU MEMPUNYAI KOMITMEN YANG KUAT DALAM MELAKSANAKAN REFORMASI INTERNAL TNI.  

DENGAN LATAR BELAKANG SIKAP, KEPRIBADIAN DAN KEMATANGAN DIRI  SEPERTI ITU, KITA SEMUA YAKIN BAHWA BELIAU PASTI AKAN SELALU BERHASIL DENGAN BAIK DI MANAPUN BELIAU AKAN MELANJUTKAN TUGAS PENGABDIAN WALAUPUN TIDAK LAGI BERADA DI JAJARAN TNI.

PARA PERWIRA, BINTARA, TAMTAMA DAN PNS TNI PESERTA UPACARA SERTA HADIRIN SEKALIAN,

AKHIRNYA PADA HARI INI, ATAS NAMA PRIBADI DAN KELUARGA, SERTA SELURUH JAJARAN TNI, MENYAMPAIKAN RASA HORMAT, BANGGA DAN TERIMAKASIH YANG SEBESAR-BESARNYA KEPADA JENDERAL TNI DJOKO SANTOSO, ATAS SEMUA PENGABDIAN YANG SUDAH BAPAK BERIKAN KEPADA TNI, NEGARA DAN BANGSA SELANJUTNYA KITA SEMUA MENGUCAPKAN SELAMAT JALAN DALAM MEMASUKI MASA PURNAWIRA.

SAYA SAMPAIKAN PULA TERIMA KASIH DAN PENGHARGAAN YANG SETINGGI-TINGGINYA KEPADA IBU ANGKY DJOKO SANTOSO YANG SELAMA INI TELAH MEMPUNYAI ANDIL YANG SANGAT BESAR DALAM RANGKA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA PRAJURIT MELALUI ORGANISASI DHARMA PERTIWI DAN IKKT DENGAN BERBAGAI KEGIATANNYA. 

SEMOGA TUHAN YANG MAHA ESA SENANTIASA BERKENAN MELINDUNGI DAN MEMBIMBING KITA SEMUA DALAM MELANJUTKAN TUGAS PENGABDIAN KEPADA BANGSA DAN NEGARA YANG KITA CINTAI BERSAMA.

SEKIAN DAN TERIMAKASIH.

WASSALAMU'ALAIKUM WR. WB.

PANGLIMA TNI



AGUS SUHARTONO, S.E.

                                                                  LAKSAMANA TNI

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Data Pengunjung Februari 2010

Pelantikan Pinsakada Bahari Prop.DIY

Pelantikan Pinsakada Bahari Prop.DIY

Seragam Pramuka Saka Bahari

Seragam Pramuka Saka Bahari

Mendapat arahan dari Kakak-kakak

Mendapat arahan dari Kakak-kakak

Tongkat Pora

Tongkat Pora
Pernikahan Kak Fauzi & kak Wanti

Badgenya dipasang biar siap dilantik....

Badgenya dipasang biar siap dilantik....

Paling Populer

Menyediakan Berbagai Kebutuhan Atribut Pramuka :



Perlengkapan dan Peralatan Pramuka