Selasa, 16 Agustus 2011

Dasa Dharma Pramuka Diamalkan, Tak Ada Remaja Bermasalah

Salah seorang sesepuh pramuka Yogyakarta, Nyai Moedjono Probopranowo (Bu Probo), mengingatkan generasi muda Indonesia untuk dapat menekuni dan mendalami gerakan Pramuka. Dirinya yakin, bila seluruh pemuda-pemudi benar-benar mengamalkan prinsip kepanduan dalam Pramuka, maka semua remaja akan menjadi generasi muda yang baik.
"Kalau semua ikut Pramuka dengan disiplin, bersemangat dan mengamalkan Dasa Dharma Pramuka dengan baik, saya yakin semua remaja juga akan baik, tidak menyimpang, dapat berguna bagi nusa dan bangsa," ujar wanita berusia 90 tahun ini disela peringatan HUT pramuka ke-50 di Yogyakarta.
Mantan kepala sekolah SMA Negeri 3 Yogyakarta era 1963 - 1971 ini meneruskan, sangat disayangkan apabila saat ini jumlah peminat gerakan Pramuka semakin menurun. Padahal menurutnya gerakan Pramuka sendiri dari zaman dirinya muda hingga sekarang senantiasa baik dan tidak bermasalah.
"Saya ikut Pramuka sejak tahun 1932. Dahulu namanya Kepanduan Bangsa Indonesia dan namanya kelompok kurcaci, bukan kelompok siaga, seperti sekarang. Secara umum Pramuka tetap baik, mungkin hanya ada masalah organisasi yang tidak penting. Yang harus diperbaiki adalah bagaimana pemuda dapat terus ditarik ikut Pramuka," imbuh wanita kelahiran Yogyakarta 10 Agustus 1921 ini.
Sosok Bu Probo adalah tokoh pramuka Indonesia yang perlu diteladani semangat dan perjuangannya. Di usianya yang cukup senja ini, dirinya masih aktif dalam kegiatan penting kepramukaan.
Dengan dedikasi kepramukaan yang tinggi, pada tahun 2008 lalu dirinya dianugerahi Penghargaan Tunas Kencana, penghargaan tertinggi kepramukaan di Indonesia. Bu Probo juga pernah meraih penghargaan lainnya, seperti Bintang Pratama, Purnasetiawan dari Taman Siswa, Warga Teladan oleh Departemen Sosial dan Satya Lencana Karyasatya yang merupakan penghargaan untuk dedikasi pegawai negeri sipil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Data Pengunjung Februari 2010

Pelantikan Pinsakada Bahari Prop.DIY

Pelantikan Pinsakada Bahari Prop.DIY

Seragam Pramuka Saka Bahari

Seragam Pramuka Saka Bahari

Mendapat arahan dari Kakak-kakak

Mendapat arahan dari Kakak-kakak

Tongkat Pora

Tongkat Pora
Pernikahan Kak Fauzi & kak Wanti

Badgenya dipasang biar siap dilantik....

Badgenya dipasang biar siap dilantik....

Paling Populer

Menyediakan Berbagai Kebutuhan Atribut Pramuka :



Perlengkapan dan Peralatan Pramuka