Follow by Email

Selasa, 24 Februari 2009

PELANTIKAN PINSAKA BAHARI DAERAH

Yogyakarta—Tujuan dibentuknya Satuan Karya Bahari (Saka Bahari) adalah untuk membina dan mengembangkan anggota gerakan Pramuka agar dapat menjadi kader tenaga pembangunan dalam bidang kebaharian, memeiliki rasa cinta kepada laut dan perairan berikut seluruh isinya, memiliki sikap dan cara pikir yang lebih matang dalam menghadapi permasalahan menyangkut kebaharian, serta mampu menyelenggarakan proyek-proyek kegiatan bidang-bidang kebaharian yang positif berdayaguna dan tepat guna sesuai dengan bakat dan minatnya guna membawa manfaat bagi masyarakat sekitar.

Hal demikian disampaikan Wakil Ketua Kwartir XII Gerakan Pramuda DIY Drh. Sri Budoyo ketika membacakan sambutan tertulis Ketua Kwartir XII DIY Paku Alam IX pada pelantikan Pimpinan Saka Bahari Tingkat Kwartir Daerah XII Gerakan Pramuka DIY masa bhakti 2008-2014 tadi pagi (Rabu,18/2-2009) di Aula Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi DIY di Sagan,Kotabaru,Yogyakarta.

 Adapun Susunan Pimpinan Saka Bahari Tingkat daerah Kwartir Daerah XII DIY Masa Bhakti 2009-2014 yang dikukuhkan tersebut antara lain: Ketua : Suwarman Partosuwiryo,A.Pi,MM, Wakil Ketua I : Mayor Laut (E) Suharmadji. Wakil Ketua II Kompol Bambang Setyawan,S.Pd. Wakil Ketua III Ir.H.Nuk Prasetyo,MM. Sekretaris I; Sugeng Istwitono,SP. Sekretaris II: Fikar Yunizar Eka Pramana,A.Md. Bendahara I: Taurina Nugrahani,S.Kom,M.Kom dan dibantu oleh beberapa krida-krida yang meliputi krida Sumber daya bahari dengan Koordinator: Sunardi,SIP, Krida Wisata bahari koordinator: Drs.Pipo Arokhmanuri S, Krida Jasa bahari sebagai koordinator: Drs. Untung Sukaryadi,MM, Krida Reksa bahari dengan koordinator: Serma (Mar) Sudarsono, Bidang Tekhnik Kepramukaan Drs.Ki Sutikno serta masing-masing Krida dan Bidang dibantu angota-anggota.

Lebih lanjut Ketua Kwartir Daerah XII DIY yang juga sebagai Wakil Gubernur DIY menyatakan bahwa kalau kita melihat kondisi sekarang ini di mana krisis global menimpa bangsa di Dunia tentunya juga akan membawa dampak di negeri kita ini, seperti ancaman pengangguran, menurunnya daya beli masyarakat karena keterbatasan akses secara ekonomi.

 Selain itu lanjut Paku Alam IX, permasalahan kaum muda dewasa ini banyak dipengaruhi oleh global informasi dan tekhnologi, sehinggga perlu adanya pengembangan secara inovatif dengan pendekatan metodologi dan berbagai bentuk kegiatan yang lebih tepat sesuai dengan dinamika kehidupan sekarang ini.

 Oleh sebab itu Paku Alam IX sangat menaruh harapan dan memilki rasa optimis terhadap gerakan pramuka agar mampu menddidik kaum muda yang handal, kuat dan tangguh dalam menghadapi segala permasalahan.Termasuk dalam kondisi krisis global yang tengah melanda dunia saat ini, tandas Paku ALam IX ;Saka bahari harus ikut andil dalam membangun masyarakat khususnya kaum muda dalam bidang kebaharian. Karena Indonesia merupakan Negara kepulauan dimana lautan yang minitari berbagai pulau sangat luas dan mempunyai banyak potensi.

 Dengan banyaknya potensi laut yang ada tersebut Ketua Kwartir Daerah XII Gerakan Pramuka DIY Paku ALam IX mengharapakan seharusnya bisa dimanfaatkan dengan bijaksana dengan memperhatikan kearifan masyarakat local dengan terus mengembanagkan serta meningkatkan kemampuan dan partisipasi masyarakat, khususnya dalam melaksanakan kegiatan yang berhubungan dengan pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya kelautan.

 Diakhir sambautannya Paku Alam IX minta usai pelantikan Pimpinan Saka Bahari tingkat daerah ini dapat segera dituindaklanjuti, dengan mengadakan konsolidasi internal organisasi hingga ditingkatan kwartis cabang, untuk mematangkan dan membahas program kerja yang akan dilaksanakan selama kurun waktu 5 tahun tersbeut. Kerjasama sinergi dengan berbagai pihak baik pemerintah, masyarakat dan stake holder terkait harus terus dijalin serta mengembangkan jejaring dengan berbagai lembaga masyarakat yang ada.

Menandai pelantikan Pimpinan Saka Bahari selain menabdatangani berita acara juga pengucapan Ulang Janji TRI SATYA.

Turut hadir menyakasikan pelantikan tersebut Penasehat Saka Bahari Provinsi DIY Komandan Pangkalan TNI AL Yogyakarta Kolonel Laut (P) Sutarmono,Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan DIY Ir.Titik Sugiarto,Kepala Dinas Pariwisata DIY Tasbir.SH.(Sis-Kar)

Humas DIY.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Data Pengunjung Februari 2010

Pelantikan Pinsakada Bahari Prop.DIY

Pelantikan Pinsakada Bahari Prop.DIY

Seragam Pramuka Saka Bahari

Seragam Pramuka Saka Bahari

Mendapat arahan dari Kakak-kakak

Mendapat arahan dari Kakak-kakak

Tongkat Pora

Tongkat Pora
Pernikahan Kak Fauzi & kak Wanti

Badgenya dipasang biar siap dilantik....

Badgenya dipasang biar siap dilantik....

Paling Populer

Menyediakan Berbagai Kebutuhan Atribut Pramuka :



Perlengkapan dan Peralatan Pramuka