Follow by Email

Jumat, 20 Juni 2008

PRAMUKA SAKA BAHARI LATIHAN MENYELAM DI DIVING TANK DISLAMBAIR

ARMATIM - Sebanyak 22 orang anggota Pramuka Saka Bahari Surabaya, Minggu (29/7) mengadakan kunjungan ke Dinas Penyelamatan Bawah Permukaan Air (Dislambair) Komando Armada RI Kawasan Timur dalam rangka melaksanakan latihan menyelam. Mereka sengaja mengunjungi Dislambair Koarmatim sehubungan dengan pendalaman materi penyelaman yang sedang digiatkan Pramuka Saka Bahari Surabaya.


Pramuka Saka Bahari Surabaya tersebut datang dipimpin oleh Bapak Ngudiyana dan langsung menuju chamber tank untuk melaksanakan test kekuatan menyelam bawah air. Melalui petunjuk oleh 5 instruktur yang dipimpin Sertu NAV Alexander, para angota Pramuka Saka Bahari secara bergantian memasuki chamber tank yang maksimum mampu diisi lima orang itu.


Menurut Sertu Nav Alexander chamber tank berfungsi untuk memberikan tekanan udara kepada para penyelam yang setara dengan keadaan jika para penyelam tersebut dalam keadan menyelam di dasar air. ”Tekanan yang diberikan 1 atmospir sama dengan menyelam di kedalaman 10 meter, tekanan 2 atmospir sama dengan di kedalaman 20 meter,” ungkapnya.


Ditambahkannya, chamber tank ini juga berfungsi untuk mengukur kemampuan para calon penyelam sampai seberapa dalam yang bersangkutan mampu melaksakan penyelaman di dasar air tanpa terlebih dahulu berbasah-basah menyelam di air atau laut. Para calon penyelam yang tidak mampu umumnya diperintahkan untuk melakukan Valsava, yakni menutup dua lubang hidung dan menghembuskan udara keluar melalui hidung yang tertutup tadi sehingga udara yang terhambat keluar tadi langsung menekan tekanan ke arah telinga. ”Metode ini digunakan agar telinga kita tidak sakit akibat tekanan air ke arah diri kita terutama di kedua telinga,” jelasnya.


Meski ada 6 orang anggota Pramuka Saka Bahari yang gagal melaksanakan test di chamber tank, seluruh anggota Pramuka tersebut tetap diberi kesempatan untuk melaksanakan latihan menyelam di diving tank Dislambair yang memiliki kedalaman 30 meter tersebut.


Dengan menggunakan peralatan selam lengkap berupa : fin, aqualung, snorkle dan kacamata selam, para anggota Pramuka tersebut secara bergantian menceburkan diri di dalam air diving tank, sementara para instruktur senantiasa mengawasi dan memberikan petunjuk dan komando tentang teknik penyelaman.


Menurut pembina Pramuka Saka Bahari Surabaya Bapak Ngudiyana, kegiatan latihan ini akan rutin dilaksanakan setiap minggu untuk melatih anggotanya memiliki kemampuan yang handal dalam bidang penyelaman mengingat mereka juga akan diterjunkan untuk melatih para anggota Pramuka Saka Bahari lainnya di daerah-daerah Jawa Timur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Data Pengunjung Februari 2010

Pelantikan Pinsakada Bahari Prop.DIY

Pelantikan Pinsakada Bahari Prop.DIY

Seragam Pramuka Saka Bahari

Seragam Pramuka Saka Bahari

Mendapat arahan dari Kakak-kakak

Mendapat arahan dari Kakak-kakak

Tongkat Pora

Tongkat Pora
Pernikahan Kak Fauzi & kak Wanti

Badgenya dipasang biar siap dilantik....

Badgenya dipasang biar siap dilantik....

Paling Populer

Menyediakan Berbagai Kebutuhan Atribut Pramuka :



Perlengkapan dan Peralatan Pramuka